Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Mengecas Ponsel di Mobil Bikin Aki Cepat Soak?

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil produksi zaman sekarang sudah banyak yang menyematkan fitur pengisian baterai ponsel melalui power output.

Keberadaan fitur tersebut memang bisa dikatakan cukup membantu, terutama pada saat melakukan perjalanan jauh dan baterai ponsel menipis, atau bahkan habis.

Namun, sebagian orang beranggapan bahwa mengisi daya baterai ponsel melalui power output mobil akan menyebabkan aki mobil menjadi soak atau tekor.

Menanggapi hal ini, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan bahwa output untuk pengisian daya ponsel tidak akan berpengaruh terhadap usia accumulator.

“Kalau untuk aki tidak ada masalah, selama mesin masih tetap menyala, aki akan terus terisi oleh alternator,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Namun, berbeda jika melakukan pengisian daya baterai pada saat mesin mobil mati. Jika kondisi mesin mati, penggunaan arus untuk mengisi baterai ponsel memang bisa mengurangi arus pada aki.

“Tetapi, jika kondisi aki sistem pengisiannya masih bagus, nanti juga akan mengisi lagi,” ucap Didi.

Meskipun tidak berpengaruh terhadap aki mobil, Didi menyarankan untuk tidak terbiasa mengisi daya baterai ponsel menggunakan power output yang tersedia di mobil.

Hal ini dikarenakan output power yang dikeluarkan oleh daya aki mobil tidak stabil yang akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai ponselnya.

“Output yang dikeluarkan tidak stabil, dikhawatirkan bisa menurunkan kemampuan baterai HP,” ucapnya.

Kalaupun memang terpaksa untuk menggunakan pengisian menggunakan output bisa dilakukan, tetapi sebaiknya tidak terlalu sering atau bahkan menjadi kebiasaan.

Jika output listrik yang dikeluarkan sesuai dengan spesifikasi daya yang dibutuhkan oleh ponsel, hal tersebut menjadi tidak masalah.

Didi menyarankan untuk tetap tidak dibiasakan mengisi daya baterai menggunakan power output. Lebih baik mengisi daya baterai di rest area atau tempat singgah lainnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/11/064200715/benarkah-mengecas-ponsel-di-mobil-bikin-aki-cepat-soak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke