Salin Artikel

MINI dan BMW Siapkan Tiga Mobil Listrik Baru Tahun Depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren kendaraan listrik menjadi sebuah keniscayaan, termasuk bagi Indonesia yang saat ini sedang dalam tahap merintis era mobil listrik. Hal ini tidak mustahil, sebab beberapa pabrikan sudah mulai menjual kendaraan berbasis baterai ini ke konsumen.

Salah satunya adalah BMW Group Indonesia yang mengaku telah menyiapkan tiga mobil listrik baru untuk pasar Indonesia tahun depan. Salah satu di antaranya adalah MINI Cooper Electric.

“MINI Electric akan hadir tahun depan, sesuai jadwal di kuartal pertama. Namun, untuk kapan pastinya kita lihat lagi nanti,” ujar Director of Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021).

Selain itu, Jodie mengaku, akan ada dua mobil listrik BMW yang juga akan dihadirkan di Tanah Air tahun depan.

“Untuk BMW kita juga sudah menyiapkan BMW iX dan i4 di tahun depan,” ucapnya.

Jodie melanjutkan, kehadiran kedua mobil listrik tersebut sebetulnya sudah dipersiapkan mulai tahun ini. Namun, untuk membawa mobil listrik ke Indonesia, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah infrastruktur pendukung mobil listrik.

"Kita harus siapkan semua kebutuhannya, pelatihan SDM, layanan purna jualnya juga disiapkan. Jadi kita harus pastikan ketika pelanggan nantinya mencoba atau beli, ekosistemnya sudah siap," kata Jodie.

Sebagai informasi, iX menjadi line-up baru SUV BMW. Di negara asalnya misalnya, iX memiliki 2 varian, yakni iX xDrive40 dan iX xDrive 50 yang memiliki kemampuan jelajah hingga 600 km. iX menawarkan platform baru serta konstruksi lebih segar.

Mobil ini juga menjadi pelopor dalam menghadirkan eksterior yang minimalis dengan sentuhan modern untuk keluarga BMW di masa depan.

Kemudian untuk BMW i4 yang merupakan mobil sedan sport listrik pertama dari BMW, diklaim mampu menempuh jarak 590 kilometer (WLTP) dan hingga 300 mil (EPA). Jarak tempuh tersebut menjadi yang terjauh saat ini, sebab Tesla, Mercedes-Benz dan lainnya baru mencapai jarak 400 kilometer hingga 500 kilometer.

Sementara itu, MINI Electric merupakan sebuah hatchback dengan daya tarik khas MINI lainnya, hanya saja dengan dapur pacu motor listrik berbasis baterai.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/08/092200815/mini-dan-bmw-siapkan-tiga-mobil-listrik-baru-tahun-depan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.