Salin Artikel

Bocoran Gambar Calon Avanza Baru, Lebih Gagah Mirip Xpander dan Raize

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Avanza model baru diprediksi bakal meluncur dalam waktu dekat. Bocoran wujud utuh dari mobil ini terbilang masih minim, namun beberapa orang mulai menerka-nerka tampilannya lewat gambar render.

Seperti yang dilakukan Bagas Satria Akbar, desainer grafis pemilik akun Instagram @bagassatriaakbar, yang membuat gambar prediksi All New Avanza.

Terlihat bahwa desain Avanza baru semakin gagah dan berkarakter seperti SUV, yang terlihat dari garis-garis menyerupai overfender di bagian samping. Bahkan sekilas, desain Avanza baru seolah makin mirip dengan tampilan Xpander.

Kemudian bagian pada fascia secara umum sudah mengaplikasikan bahasa desain 'Keen Look' khas Toyota, yang mengandalkan garis dan sudut tajam. Kurang lebih wajah Avanza baru jadi mirip dengan Raize.

Jika pada Mei 2021, Bagas membuat perkiraan tampilan belakang Avanza baru. Kini masuk Oktober 2021, ia telah menggambarkan tampilan depan dari LMPV fenomenal itu.

Menurut Bagas, minimnya gambar spyshot jadi salah satu kendala pembuatan gambar render. Meski begitu, ia berusaha menggabungkan gambar dari beberapa mobil konsep.

“Inspirasi dari mobil-mobil Toyota yang rilis di 2021, dan mobil lain yang sesuai. Kita tunggu saja sampai rilis, soalnya sampai sekarang juga belum ada spyshot yang beredar,” ujar Bagas, kepada Kompas.com (4/10/2021).

“Untuk tampilan belakang kemarin memang saya ambil referensinya dari mobil 2018-2021, jadi kesannya kurang fresh. Nah kalau yang sekarang, saya ambil dari yang keluaran 2021 dan mobil konsep Toyota,” kata dia.

Seperti diketahui, kehadiran Toyota Avanza generasi baru sepertinya bukan lagi sekadar rumor. Setelah ramai di media sosial, model baru Avanza terpantau sudah didaftarkan dalam situs pemerintah

Kabar terbaru, Low MPV ini sudah masuk dalam dokumen Permendagri No. 40 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Dalam dokumen tersebut terlihat bahwa mobil yang diduga Avanza terbaru bakal tersedia dalam dua pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc.

Untuk Avanza bermesin 1.300 cc diberi kode W100RE, kemudian tersedia dalam varian 1.3 E M/T dan 1.3 E CVT. Sementara mesin 1.500 cc dengan kode W101RE terdiri dari 1.5 M/T, 1.5 G M/T, 1.5 CVT, 1.5 G CVT, 1.5 G CVT TSS, 1.5 Q CVT, dan 1.5 Q CVT TSS.

Melihat harganya, bisa diketahui bahwa harga dasar Avanza baru berada di rentang Rp 164.850.000 sampai Rp 238.350.000. Namun sebagai informasi, angka ini sebetulnya merupakan harga dasar.

Nantinya konsumen masih dikenakan biaya tambahan untuk BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) sebesar 12,5 persen. Kemudian PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) sebesar 2,5 persen untuk wilayah DKI Jakarta, dan dan ketinggalan margin keuntungan diler.

Kami sempat meminta konfirmasi perihal kehadiran Avanza baru dari PT Toyota Astra Motor (TAM). Namun demikian belum ada jawaban resmi soal produk ini.

"Saya tidak bisa berkomentar, tunggu saja," kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/05/080200215/bocoran-gambar-calon-avanza-baru-lebih-gagah-mirip-xpander-dan-raize

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.