Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IMX 2021 Sukses Gairahkan Industri Modifikasi Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 diklaim berhasil menggerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Tanah Air, khususnya di tengah keterbatasan pandemi Covid-19.

Diselenggarakan secara virtual pada Sabtu (2/10/2021), ekspo tahunan yang digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) ini mencatat puluhan ribu tiket daring Puncak IMX 2021 telah terjual di mana 4 persennya ialah pengunjung dari luar Negeri.

"Hal ini memperlihatkan potensi event virtual yang dirasa tetap bisa mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional, khususnya pada industri aftermarket," kata IMX Project Director Andre Mulyadi dalam keterangannya, Senin (4/10/2021).

Hanya saja, ia belum mengungkapkan secara rinci nilai transaksi yang berhasil tercatat selama pameran dan ekspo berlangsung. Namun dari tujuan awalnya agar memberikan kepastian atas industri terkait, IMX 2021 mampu memberikannya.

“Sebagai penyelenggara kami berusaha untuk terus memberikan sesuatu yang selalu segar penuh gagasan. Kami berani memutuskan menjadi yang pertama tampil virtual sejak awal, tujuannya agar dapat memberi kepastian dan dorongan kepada industri ini untuk dapat beradaptasi dengan semua kebiasaan baru tanpa mengurangi esensi dari suatu event," lanjut dia.

Adapun langkah NMAA sendiri mendapat apresiasi dari Kementerian Perindustrian RI yang sekaligus turut mendorong perkemangan dunia otomotif Indonesia.

Bahkan tahun ini, pihak Kemenperin juga melakukan beberapa aktivitas di sana, yaitu Power Ace Digimodz dan peluncuran All New Gesits.

Demikian dipaparkan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier saat membuka gelaran IMX 2021.

Dalam sambutannya, ia memberikan support yang tinggi untuk industri otomotif dan modifikasi lokal karena sektor ini dinilai dapat menyelamatkan sektor perekonomian Indonesia seraya menghadirkan kreativitas anak bangsa.

“Kami turut memberikan apresiasi kepada NMAA yang telah menyelenggaarakan IMX All Virtual seiring dengan Industri 4.0 yang menjadi terobosan saat pembatasan sosial. Aspek peningkatan produktifitas daya saing memasuki era industri 4.0. dan konsep seperti IMX ini bisa menjadi inspirasi bagi penyelenggaraan pameran lain," ujarnya Taufiek.

"Kolaborasi lintas industri seperti ini turut menopang kesuksesan puncak acara IMX 2021. Sekali lagi kami berterimakasih kepada teman-teman aftermarket dan industri lainnya yang memiliki tekad sama untuk tetap berkarya dan terus berupaya menghadirkan inovasi," kata Andre lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/04/152100015/imx-2021-sukses-gairahkan-industri-modifikasi-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke