Salin Artikel

Jangan Paksa Kendarai Motor dengan Ban Kempis

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban motor kempis memang bisa terjadi pada setiap pengendara. Kempisnya ban motor bisa disebabkan karena melindas benda tajam yang ada di jalan raya.

Kadang, ketika sudah merasa ban motor kempis, ada saja yang tetap tancap gas untuk mencari bengkel tambal ban terdekat. Namun ada juga pengendara yang langsung turun dan menuntun motornya menuju bengkel tambal ban.

Tapi bagaimana jika ban motor yang kempis ini tetap dikendarai oleh pemiliknya?

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk. (ban IRC) Dodiyanto mengatakan, ban yang kempis tapi tetap dipakai jalan, lama-lama bisa stress dan rusak.

“Efeknya, pertama ban nanti abis atau aus enggak rata. Kedua, antar lapisan ban jadi terbuka sehingga ada celah udara masuk (timbul ban benjol), terutama di area yang pernah kena paku atau benda tajam,” ucap Dodiyanto kepada Kompas.com, belum lama ini.

Efek ketiga, area yang bekerja keras saat ban kempis adalah bagian dinding atau sidewall. Jadi jika ban kempis dipakai terus menerus dalam waktu yang lama, bisa-bisa ada indikasi ban retak-retak di area dinding.

“Kalau kempisnya parah banget, dipakai terus menerus bisa juga membuat pelek rusak. Hal ini dikarenakan pelek menanggung beban enggak normal dan bisa-bisa bersentuhan dengan aspal,” kata Dodiyanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/03/112100515/jangan-paksa-kendarai-motor-dengan-ban-kempis

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.