Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asal Mula Julukan Pebalap MotoGP, Ada The Doctor hingga Baby Alien

JAKARTA, KOMPAS.com - Julukan yang diberikan pada rider MotoGP bukanlah hal baru di dunia balap.

Beberapa dari mereka memiliki julukan yang terkenal hingga menjadi panggilan kesayangan bagi para penggemarnya. Sebut saja Valentino Rossi yang dikenal sebagai The Doctor.

Ada juga Marc Marquez yang mendapat julukun sebagai The Baby Alien, hingga Fabio Quartararo yang dijuluki El Diablo.

Tidak hanya sembarang julukan, ternyata panggilan tersebut juga memiliki arti yang melatar belakanginya.

Lantas, dari mana asal julukan yang diberikan untuk para pebalap MotoGP? Berikut ulasan yang sudah tim redaksi rangkum dari berbagai sumber.

1. Valentino Rossi - The Doctor

Ada beberapa hal yang begitu identik dengan sosok Valentino Rossi sejak memulai debutnya di lintasan, seperti nomor 46 dan julukan The Doctor.

Bicara soal julukan, sejak awal karirnya berkecimpung di dunia balap Rossi dikenal memiliki beberapa julukan.

Sebut saja mulai dari 'Valentinik', 'Rossifumi', sampai The Doctor. Dari sekian banyak julukan itu, tentu saja julukan The Doctor yang paling melekat bagi pebalap asal Italia ini.

Dikutip dari Hotcars, Rossi mengaku tidak ada alasan yang jelas mengapa julukan itu disematkan pada dirinya, panggilan The Doctor sudah ada sejak Rossi mendominasi kategori 500cc.

“Di Italia, Anda akan dipanggil dengan sebutan The Doctor jika ahli dalam melakukan hal tertentu, apalagi sudah berada di tingkat atau level tertinggi. Itu menjadi alasan yang cukup standar dan logis,” ucap Valentino Rossi dikutip dari Hotcars, Selasa (28/9/2021).

Sementara itu, ayah Rossi, Graziano Rossi mengungkapkan hal yang sama, bahwa julukan The Doctor tidak memiliki alasan tertentu. Namun, di negaranya (Italia), julukan tersebut merupakan sebuah penghormatan bagi seseorang yang memiliki keahlian khusus.

2. Marc Marquez - The Baby Alien

Pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez juga memiliki yang cukup unik, yakni The Baby Alien.

Dikutip dari Sport Review, julukan itu diberikan dari awak media pada awal karir Marquez di kelas MotoGP. Julukan tersebut diberikan karena kehebatan Marc Marquez mendominasi kelas utama dan meraih dua gelar juara dunia MotoGP berturut-turut pada 2013 dan 2014 di usianya yang sangat muda.

Julukan The Baby Alien semakin terlihat ketika dirinya mengambil risiko saat balapan dan kualifikasi, hingga menyelamatkan diri dari kecelakaan yang dianggap mustahil dilakukan.

Bahkan setelah vakum selama satu tahun lantaran mengalami kecelakaan dan cedera yang cukup serius pada lengannya, rider asal Spanyol itu tetap tampil kompetitif.

3. Maverick Vinales - Top Gun

Selain The Doctor dan The Baby Alien, Maverick Vinales juga memiliki julukan yang diberikan oleh sang ayah, Angel Vinales.

Dikutip dari Motorsport Magazine, ayah Vinales (Angel Vinales), memberi julukan putranya dengan nama Top Gun, lantaran terinspirasi oleh tokoh utama Pete Maverick Mitchell yang diperankan oleh Tom Cruise. Pete Maverick merupakan seorang pilot pesawat tempur F14 Tomcat dalam film Top Gun.

Saking gemarnya dengan film tersebut, Angel akhirnya memutuskan untuk mengambil nama karakter Maverick untuk puteranya. Bahkan, pesawat tempur menjadi logo Vinales di berbagai perangkat balap dan cindera mata untuk para penggemarnya.

4. Fabio Quartararo - El Diablo

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo juga memiliki julukan yang cukup familiar dengan sebutan El Diablo yang memiliki arti Iblis.

Berbeda dengan rider lainnya yang mendapat julukan saat memulai karier di MotoGP, Fabio Quartararo justru sudah memiliki julukan tersebut sejak dirinya masih kecil.

Dikutip dari Podcast MotoGP, julukan itu mulai dikenal ketika Quartararo memiliki helm bergambar iblis saat turun di kejuaraan CEV Moto3, yang ia juarai pada 2013 dan 2014. Sejak saat itu, para rivalnya sering memanggilnya dengan sebutan El Diablo.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/28/150200515/asal-mula-julukan-pebalap-motogp-ada-the-doctor-hingga-baby-alien

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke