Salin Artikel

Ternyata Ini Arti Kode R pada Profil Ban Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap ban mobil dilengkapi dengan kode profil yang mengisyaratkan ukuran serta spesifikasinya. Misal ban berprofil 265/40 R19, artinya ban tersebut memiliki lebar tapak 270 mm, tinggi dinding ban 40 mm, dan memiliki diameter 19 inci.

Namun, arti kode R pada karet hitam tersebut (R19) sebetulnya tidak merujuk pada ‘ring’ atau diameter ukuran lingkar ban.

“Arti kode R sebetulnya kode huruf yang menunjukkan jenis konstruksi yang dibentuk dari ban,” ujar Zulpata Zainal, PG-On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Jadi R itu maksudnya adalah Radial, ban dibuat dengan konstruksi radial," kata Zulpata.

Menurutnya, kode R tidak ditemukan pada konstruksi ban bias. Adapun pada ban jenis tersebut biasanya ditandai dengan tanda strip (-), kemudian langsung menunjukkan ukuran diameter roda.

"Kalau ban radial 265/40 R19, di ban bias kode profilnya 265/40-19," ucap Zulpata.

Sementara itu, untuk beberapa jenis ban yang diperuntukkan buat performa, ditambahkan huruf Z sebelum R (contoh ZR19) yang menjadi tanda speed index.

"Z berarti indeks kecepatan yang bisa diterima ban bisa di atas 250 km per jam," kata Zulpata.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/26/193100515/ternyata-ini-arti-kode-r-pada-profil-ban-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.