Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Usai Terguyur Hujan, Mobil Wajib Bilas Jangan Dicuekin

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca hujan kembali mengguyur di sejumlah daerah Indonesia. Pada masa seperti ini, umum jika mobil pribadi kembali diandalkan untuk menembus hujan.

Apalagi jika mobil memang menjadi sarana transportasi utama setiap hari.

Sayangnya masih ada sebagian orang yang menganggap hujan sebagai sarana cuci mobil gratis. Pemilik mobil berasumsi bahwa tidak masalah mobilnya terguyur hujan karena air dari langit akan membuat mobil tercuci otomatis.

Padahal, asumsi tersebut merupakan kesalahan besar!

Christopher Sebastian, CEO Makko Group, menjelaskan bahwa air hujan akan berefek buruk pada bodi mobil. Sebab jika air hujan dibiarkan mengering dengan sendirinya pada bodi mobil, akan berdampak pada cat eksterior perlahan pudar.

Pasalnya, mobil yang terguyur air hujan biasanya punya intensitas basah yang tidak merata di seluruh bodi. Belum lagi, air hujan ini punya kandungan asam serta debu dan kotoran yang melekat selama kendaraan bergerak di jalan.

Christoper menyarankan untuk membilas mobil yang terguyur hujan dengan air bersih ketika tiba di rumah. Jangan diamkan mobil diam semalam dalam kondisi basah sampai akhirnya bercak air mengering pada bodi dan kaca mobil. 

"Cukup dibilas saja bagian yang terkena hujan mengingat air hujan itu mengandung zat asam yang kurang bersahabat. Bilas pakai air biasa dan lap sampai benar-benar kering," ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain cat eksterior, membiarkan air hujan mengering dengan sendirinya pada mobil akan berimbas pada munculnya jamur pada kaca mobil. Jamur dapat muncul dari kotoran yang menempel di titik-titik air yang tidak dilap.

"Jadi ketika wiper bergerak, nampak ada bercak pada kaca. Kalau sudah terlalu banyak, tentu mengganggu jarak pandang pengemudi," kata Christoper menambahkan.

Dapat disimpulkan, abai membiarkan mobil yang kehujanan untuk mengering dengan sendirinya akan berimbas buruk pada sejumlah bagian di eksterior mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/24/094200915/usai-terguyur-hujan-mobil-wajib-bilas-jangan-dicuekin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke