Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sepele Tapi Penting, Begini Cara Memilih Jok Motor yang Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Jok sepeda motor menjadi salah satu aspek penting dalam menunjang kenyamanan saat berkendara. Terutama bagi mereka yang menggunakan motor untuk mobilitas sehari-hari.

Bila jok motor tidak nyaman, biker akan cepat merasakan pegal dan panas ketika berkendara. Pengendalian pun jadi berkurang yang disebabkan dari selip atau permukaan jok yang licin.

Yansen Z Simarmata dari Accura Synthetic Leather mengatakan, saat ini jok yang ada dipasaran dijual dengan ragam harga yang variatif. Supaya tidak salah pilih, usahakan memilih jok yang busanya bagus dan tidak kempes saat ditekan.

“Baiknya permukaan jok sedikit kasar ditangan. Hal ini menandakan bahwa pembuatan jok dilakukan secara embos bukan printing. Sehingga permukaan menjadi sedikit timbul dan mengurangi efek selip (licin) ketika digunakan,” ucap Yansen belum lama ini kepada Kompas.com.

Yansen melanjutkan, dalam memilih jok yang berkualitas sebisa mungkin hindari produk yang dibuat menggunakan bahan dari jok mobil. Sebab menurutnya, bahan jok mobil dan motor itu berbeda, di mana jok mobil biasanya tidak kuat dengan paparan panas matahari secara terus menerus.

“Biasanya jok seperti ini lebih licin, cepat panas saat digunakan, serta durabilitasnya cenderung lebih pendek,” kata dia.

Sementara itu, Edy, Pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept menambahkan, bahan kulit untuk jok mobil masih bisa digunakan di motor, hanya saja memang ada perbedaan rasa ketika digunakan.

“Jok motor itu ada spesifikasi khusus untuk anti selip atau licin dan ketahanan pada suhu tertentu, sisanya sama saja dengan jok mobil,” kata Edy.

Menurut Edy, menggunakan bahan jok mobil untuk motor boleh saja, karena kelebihannya dari jok mobil lebih fleksibel dan pilihan bahannya lebih banyak.

Selain itu, harga dari jok motor yang menggunakan bahan dari jok mobil cenderung ekonomis. Di pasaran, banderolnya mulai dari Rp 50.000 sampai ratusan ribu. Sedangkan jok khusus motor dihargai mulai Rp 120.000.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/21/110200115/sepele-tapi-penting-begini-cara-memilih-jok-motor-yang-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke