Salin Artikel

Sensasi Berkendara Mobil Listrik Nissan Leaf di Perkotaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Leaf menggendong motor listrik bersistem AC3 Synchronous dengan muatan baterai lithium ion 40 kWh 350 V. Dengannya, mobil diklaim cocok untuk penggunaan harian terkhusus di wilayah perkotaan.

Membuktikan klaim tersebut, tim Kompas.com mendapat kesempatan untuk langsung menjajal kendaraan ramah lingkungan terkait dalam beberapa hari. Tentu, kami langsung menguji performa dan kemampuan jangkauannya.

Di lembar spesifikasi, Leaf memang unggul dibandingkan beberapa mobil listrik berharga terjangkau yang sudah lebih dahulu diperkenalkan di Tanah Air seperti Ioniq maupun Kona.

Tenaganya, mencapai 110 kW tapi untuk torsi yang mampu dihasilkan masih kalah dengan Kona EV. Sebab Leaf hanya berada di angka 320 Nm sementara saingannya itu 395 Nm.

Lantas bagaimana mengenai akselerasinya? Dalam kondisi normal, mobil bisa meluncur dari kondisi diam hingga 100 kpj dalam waktu 7,9 detik. Angka itu sangat agresif terlebih bila dibandingkan hatchback konfensional.

Kekuatan tersebut tidak bisa meningkat secara drastis karena Leaf tidak ada mode sport, hanya ada Eco untuk menghemat konsumsi daya listrik. Meski begitu, selama pemakaian di dalam kota sudah memuaskan.

Tenaga yang konstan ini membuat kita nyaman untuk berkendara di segala kondisi, bahkan tanjakan. Tapi saat melewati tanjakkan, jangan menggunakan mode ECO karena akan tenaga terasa tertahan.

Adapun jarak tempuh mobil dalam keadaan baterai penuh mencapai 311 km. Maka sejatinya, Leaf cocok untuk dipakai harian tapi pemilik harus kembali menyesuaikan penggunaan mobil dengan selalu melakukan pengisian setiap usai digunakan.

Secara umum, Leaf cukup menyenangkan untuk dikendarai. Tenaga terasa konstan dan tidak terasa sama sekali sulit. Apalagi kehadiran tombol yang disematkan cukup sederhana serta familiar.

Hanya saja, sebagaimana mobil listrik pada umumnya, mengisi daya listrik menjadi kesan tersendiri. Apalagi penyebaran SPKLU masih terpusat di wilayah perkotaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/19/104100215/sensasi-berkendara-mobil-listrik-nissan-leaf-di-perkotaan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.