Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekor Baru Rossi Jelang Pensiun, Punya Rekan Setim Paling Banyak

JAKARTA, KOMPAS.com - Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi belum selesai menciptakan rekor baru, jelang pensiun akhir musim ini. Rekor kali ini agak unik, karena bukan urusan prestasi tetapi pebalap dengan rekan setim paling banyak dalam satu musim.

Jadi, Andrea Dovizioso sudah resmi akan menjadi pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT). Dovi akan menjadi rekan setim Valentino Rossi yang kelima di musim ini.

MotoGP 2021 ini, Rossi bergabung dengan Petronas Yamaha SRT dan menjadi rekan setim Franco Morbidelli. Namun, pada MotoGP Belanda, dia cedera dan terpaksa sementara digantikan.

Pada MotoGP Belanda, Rossi mendapat rekan setim Garrett Gerloff, pebalap World Superbike (WorldSBK). Gerloff finis di posisi ke-17.

Pada MotoGP Styria dan MotoGP Austria, Yamaha memanggil Cal Crutchlow untuk menggantikan Morbidelli yang masih dalam tahap penyembuhan. Crutchlow finis di posisi ke-17 pada kedua seri tersebut.

Pada MotoGP Inggris, Crutchlow menggantikan Maverick Vinales yang sudah resmi berpisah dengan Monster Energy Yamaha MotoGP. Kali ini, Rossi mendapat rekan setim Jake Dixon yang merupakan pebalap Petronas Sprinta Racing dari kelas Moto2.

Dixon menggantikan Morbidelli yang masih cedera selama dua seri, yakni pada MotoGP Inggris dan MotoGP Aragon. Pada MotoGP Inggris, dia finis pada posisi ke-19. Sedangkan MotoGP Aragon, Dixon gagal finis.

Untuk MotoGP San Marino hingga akhir musim nanti, Rossi akan ditemani oleh Andrea Dovizioso. Pebalap berusia 35 tahun itu tidak benar-benar asing dengan Yamaha.

Dovi pernah berada di tim satelit Monster Yamaha Tech3 pada 2012. Meskipun hanya satu musim, tapi performanya luar biasa. Dovi tercatat enam kali naik podium dengan finis di posisi ketiga. Dia juga berakhir pada peringkat keempat di klasemen.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/17/104200315/rekor-baru-rossi-jelang-pensiun-punya-rekan-setim-paling-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke