Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Catat, Ini Biaya Resmi Ganti Warna Pelat Nomor Kendaraan | Hasil Klasemen MotoGP 2021

JAKARTA, KOMPAS.com – Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau yang biasa disebut dengan pelat nomor kendaraan akan diganti warna dasarnya. Nantinya warna dasar pelat nomor kendaraan bermotor berwarna putih sementara angka yang tertera berwarna hitam.

Berdasarkan Perpol Nomor 27 Tahun 2021 Pasal 45 Ayat 1 (a) TNKB kendaraan motor perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan Badan Internasional akan berwarna putih dengan tulisan hitam.

Hal itu pun memunculkan spekulasi masyarakat. Sebagian dari mereka khawatir bahwa perubahan warna pelat nomor kendaraan ini akan berujung pada kenaikan biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

Menganggapi hal ini, Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes M Taslim Chairuddin memastikan, kekhawatiran tersebut tidak akan terjadi.

Selain itu yang tak kalah menarik tentang hasil klasemen MotoGP 2021.

Penasaran seperti apa, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin 13 Agustus 2021.

1. Hasil Klasemen MotoGP 2021, Bagnaia Menang, Quartararo Terus Memimpin

Seri ke-13 MotoGP 2021 atau MotoGP Aragon berhasil dimenangkan oleh Francesco Bagnaia. Meski demikian, Fabio Quartararo tetap aman di puncak klasemen sementara dengan 214 poin.

Sedangkan peringkat kedua, ditempati oleh Bagnaia dengan 161 poin setelah meraih kemenangan pertamanya di kelas utama. Bagnaia sukses menahan semua tekanan yang diberikan oleh Marc Marquez.

Dengan kemenangan Bagnaia, Joan Mir jadi tergeser ke peringkat ketiga dengan total 157 poin. Sementara peringkat keempat, masih ditempati oleh Johann Zarco dengan 137 poin.

2. Siap-siap, Pelat Nomor Kendaraan Bakal Jadi Warna Putih

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau yang biasa disebut dengan pelat nomor kendaraan akan diganti warna dasarnya.

Selama ini kita ketahui plat nomor kendaraan bermotor berwarna dasar hitam dengan tulisan putih, mulai tahun depan kondisinya bakal terbalik, yaitu pelat menggunakan warna dasar putih tapi menggunakan huruf yang tercetak dengan warna hitam.

Hal tersebut sesuai dengan Perpol Nomor 27 Tahun 2021 Pasal 45 Ayat 1 (a) TNKB kendaraan motor perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan Badan Internasional akan berwarna putih dengan tulisan hitam.

Lantas, mengapa pelat nomor kendaraan perseorangan yang dikenal sejak lama berwarna hitam diganti menjadi putih?

3. Debut Vinales Bersama Aprilia, Finis Ke-18 di GP Aragon

Debut Maverick Vinales bersama Aprilia membawanya finis di posisi ke-18 di GP Aragon. Meski hasilnya kurang baik, Vinales mengumpulkan banyak data buat seri selanjutnya.

Pebalap asal Spanyol itu mengatakan, saat ini terpenting ialah mengenal motor Aprilia RS-GP. Menambah jam terbang serta melihat di sisi mana dia kuat dan sebaliknya.

“Penilaiannya positif, pada akhirnya sangat penting bagi kami untuk menambah kilometer. Sangat menarik untuk melihat di mana saya perlu meningkatkan dalam balapan, di mana saya kuat," katanya mengutip Tuttomotoriweb, Minggu (12/9/2021).

4. Mulai Besok, Dispensasi Perpanjangan SIM Berlaku Lagi

Korlantas Polri kembali memberikan dispensasi perpanjangan SIM, mengikuti berlakunya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari 7 hingga 13 September 2021.

Kombes Tri Julianto Djatiutomo, Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri, mengatakan, kebijakan ini mengacu pada Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1835/IX/YAN/.1.1./2021.

Namun, berbeda dari yang pernah dilakukan sebelumnya, dispensasi perpanjangan SIM hanya berlaku di Satpas yang masuk ke dalam wilayah PPKM Level 4.

“Pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada tanggal 6 sampai 13 September 2021 dapat diperpanjang pada tanggal 14 sampai 20 September 2021 dengan mekanisme perpanjangan,” ucap Djati, kepada Kompas.com belum lama ini.

5. Hasil MotoGP Aragon 2021, Bagnaia Asapi Marquez, Rossi Posisi Kedua dari Belakang

MotoGP Aragon 2021 yang merupakan seri ke-13 musim ini berhasil dikuasai oleh pebalap Ducati Francesco Bagnaia. Pebalap asal Italia itu menang setelah melalui persaingan yang cukup dramatis, Minggu (12/9/2021).

Francesco Bagnaia yang meraih pole position mampu start dengan baik dan langsung memimpin. Namun, Marc Marquez juga tak kalah mengesankan dengan merebut posisi kedua.

Fabio Quartararo yang start dari posisi ketiga malah merosot ke posisi ketujuh. Sementara Aleix Espargaro, naik ke posisi keempat. Aleix juga berambisi untuk naik podium lagi.

Quartararo nampak kesulitan pertahankan posisinya. Dia sempat mendapat tekanan dari Brad Binder. Sementara tiga pebalap terdepan masih ditempati oleh Bagnaia, Marquez, dan Jack Miller.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/14/060200715/-populer-otomotif-catat-ini-biaya-resmi-ganti-warna-pelat-nomor-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke