Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip Spesifikasi Aprilia Tuono 660, Harganya Rp 630 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Piaggio Indonesia turut bermain di segmen motor gede (moge) kelas menengah dengan meluncurkan Aprilia Tuono 660. Naked bike ini punya spesifikasi yang tak kalah saing dengan kompetitor sekelasnya.

Tuono secara harfiah dapat diartikan sebagai “Thunder atau Petir”. Sebagai ‘saudara’ dari RS 660, Tuono 660 adalah sebuah naked bike bergaya lebih santai yang memberikan kesan rileks dan kasual, cocok untuk berkendara sehari-hari maupun touring dengan jarak jauh.

Mengambil inspirasi dari Tuono V4 1100 yang legendaris, dan menggabungkannya dengan teknologi anyar dari Aprilia RS 660, Tuono 660 hadir dengan kemampuan berkendara yang tak kalah dari RS 660.

Marco Noto La Diega, President Director PT Piaggio Indonesia, mengatakan, Tuono 660 merupakan motor sport kelas menengah yang lincah, gesit di berbagai kondisi, mudah dikendarai, baik di sirkuit, di dalam kota, maupun saat touring.

"Keluarga Aprilia 660 membuka kemungkinan tak terbatas bagi para jiwa pembalap dengan memberikan keseimbangan sempurna dari segi tenaga dan kepraktisan dalam mewujudkan pengalaman yang luar biasa,” ujar Marco, dalam keterangan resminya.

Tuono 660 dibekali mesin 650 cc 2 silinder segaris berpendingin radiator dan oil cooler, DOHC 4 klep per silinder, dan 6 percepatan.

Mesinnya mampu menghasilkan tenaga hingga 95 tk pada 10.500 rpm dan torsi 67 Nm pada 8.500 rpm. Bobotnya hanya 183 kg.

Untuk menunjang kenyamanan berkendara dan saat bermanuver, Tuono 660 dibekali suspensi depan upside down dari Kayaba dengan diameter as 41 mm.

Sementara untuk suspensi belakang, mengandalkan monosok yang menempel pada asymmetric aluminium swing arm.

Di sektor pengereman, sudah menggunakan cakram 320 mm ganda dengan kaliper Brembo 4 piston radial.

Rem belakang pakai cakram 320 mm dengan kaliper Brembo 2 piston. Tentunya, sudah memiliki fitur Anti-lock Braking System (ABS).

Aprilia banyak menggunakan material aluminium pada mesinnya. Sehingga, mesinnya memiliki bobot yang cukup ringan, tapi performanya tetap maksimal.

Di bagian fitur, Aprilia menyematkan kontrol traksi, quickshifter, engine braking system, wheelie control, dan cruise control.

Selain itu, ada juga 5 mode berkendara, tiga untuk jalan raya dan dua untuk di sirkuit. Klaster instrumen memakai TFT 5-inci full color yang dapat terhubung dengan ponsel pintar untuk navigasi.

Aprilia Tuono 660 hadir dengan dua pilihan warna, yakni Concept Black dan Iridium Grey. Motor naked ini dibanderol Rp 630 juta (OTR Jakarta).

Data spesifikasi Aprilia Tuono 660:
Mesin: Aprilia forward-facing parallel twin, four stroke, liquid-cooled with radiator and water-oil heat exchanger, DOHC with silent chain on the right side, four valves per cylinder
Kapasitas mesin: 659 cc
Tenaga maksimal: 95 tk @10.500 rpm
Torsi maksimal: 67 Nm @8.500 rpm
Rangka: Aluminium dual beam chassis with removable seat-supporting subframe
Throttle body: Two 48 mm throttle bodies, Ride-by-wire management
Transmisi: 6 gears
Suspensi depan: Kayaba 41 mm upside down fork with top out spring, Aluminium pins to fasten radial callipers. Adjustable extension and spring pre-load 110 mm wheel travel
Suspensi belakang: Asymmetrical aluminium swingarm. Single shock and top out spring with adjustable extension and spring pre-load
Rem depan: 320 mm diameter double disc. Brembo radial callipers with 4 horizontally opposed 32 mm pistons. Radial pump master cylinder and metal braided brake hose
Rem belakang: 220 mm diameter disc: Brembo radial callipers with two 34 mm separate pistons.
Roda depan: 3.5”X17” rims in aluminium alloy - Tubeless radial tyre, 120/70 ZR 17
Roda belakang: 5.5”X17” rims in aluminium alloy - Tubeless radial tyre, 180/55 ZR 17
Tinggi jok: 820 mm
Kapasitas tangki bensin: 15 L (1 L cadangan)
Berat kosong: 183 kg
Perangkat elektronik: APRC suite includes ATC (traction control), AWC (wheelie control), AEB (engine brake) AEM (engine mapping), ACC (cruise control), 5 Riding modes (Road and Track, 3 pre-set and 2 customisable)

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/10/170100015/intip-spesifikasi-aprilia-tuono-660-harganya-rp-630-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke