Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Kijang Innova Mundur di Tanjakan Curam

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian mobil yang mengalami gagal mundur masih sering terjadi di kawasan dengan tanjakan curam dan tikungan patah. Sebelumnya sudah ada Xpander dan Fortuner yang videonya viral, kini giliran Kijang Innova yang harus mundur.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @pencari_keberuntungan (5/9/2021), terlihat Kijang Innova yang melewati tanjakan curam dan tikungan patah di jalan menuju Gunung Bromo dari Malang, tepatnya kawasan Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur.

Namun sayang, Kijang Innova itu gagal dalam satu kali percobaan. Mobil terpaksa harus mundur dan menanjak sekali lagi.

Menanggapi hal ini, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, kegagalan mobil menanjak di tanjakan curam disebabkan banyak faktor.

Faktor-faktor yang mempengaruhi hal ini di antaranya, faktor kendaraan yang mencakup beban muatan yang berat, ban yang tidak layak, power yang terbatas, hingga pelat kopling yang tipis dan lain-lain.

Sementara itu, faktor lainnya di luar kendaraan adalah kondisi tanjakan yang terjal serta skill atau pengetahuan pengemudi yang terbatas.

“Sebelum menanjak ada baiknya pengemudi mengukur segala sesuatunya secara matang,” ujar Sony, kepada Kompas.com, Minggu (5/9/2021).

“Pastikan pengemudi paham secara detail karakter kendaraannya. Lakukan momentum sebelumnya sesuaikan dengan power mesin, jangan berlebihan injak gas karena justru akan membuat ban selip atau spin,” kata dia.

Kemudian pilih lintasan yang lebih landai. Hindari mengambil sudut tikungan di tanjakan dari bagian dalam.

“Karena pasti sudutnya lebih terjal, dengan melebar kemungkinannya lebih landai, tetapi tetap perhatikan lalu lintas dari arah sebaliknya,” kata Sony.

“Pada kondisi-kondisi tersebut, memang pengemudi dituntut untuk lebih percaya diri, tetapi tetap terukur dan paham teknik yang benar,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/05/120100215/ketika-kijang-innova-mundur-di-tanjakan-curam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke