Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terios Nekat Lawan Arah Saat Macet, Bukti Pengemudi Minim Solidaritas

Dalam rekaman tersebut, terlihat mobil putih tersebut memaksa untuk menghindari kemacetan. Namun, dari arah berlawanan ada mobil Toyota Innova yang hendak melintas. Akibatnya kemacetan pun tak dapat dihindari.

Terkait hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengemudi yang tidak mau antre seperti itu tidak memiliki solidaritas.

Sebab mereka tidak menyikapi masalah di jalan raya dengan matang, dan memikirkan pengemudi lain yang sudah lebih dahulu antre dan tertib.

“Tidak ada yang lebih dipentingkan atau diprioritasnya kecuali damkar atau ambulans. Antre adalah salah satu masalah di jalan raya yang harus dijalani dengan rasa keadilan dan kebersamaan,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Minggu (5/9/2021).

Menurut Sony, aksi seperti ini memang kerap terjadi di luar daerah seperti jalur Pantai Utara (Pantura). Para pengemudinya sering mengabaikan faktor keselamatan, dengan pertimbangan ingin cepat atau cari yang lancar.

Tidak sedikit pengemudi yang memberi dan mengambil kesempatan saat jalanan macet. Pengemudi yang mengambil kesempatan itulah yang sering mengambil jalur lawan arah atau agresif.

“Pengemudi yang seperti itu (mengambil kesempatan saat jalan macet) sebaiknya dikasih ruang, dan dijauhi. Karena kalau dihambat kadang berujung konflik atau serempet,” ucapnya.

Sony melanjutkan, adalah hal yang wajar jika pengemudi merasa kesal ketika memberi ruang untuk pengemudi agresif. Namun lebih baik biarkan saja selama tidak merugikan, karena pengemudi seperti itu akan kena batunya.

“Pengemudi tipe agresif kalau ditegur bisa konflik. Kecelakaan saja belum tentu membuat mereka jera, jadi harus lebih matang dalam berpikir. Segala sesuatu yang dipaksakan dan tidak dipikirkan secara matang, potensi kecelakaannya bisa tinggi. Dan perlu diingatkan juga, bahwa melawan arus bukanlah hal yang beretika untuk dilakukan,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/05/104100115/terios-nekat-lawan-arah-saat-macet-bukti-pengemudi-minim-solidaritas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke