Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tantang Raize dan Rocky, Hyundai Casper akan Masuk Indonesia?

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan sport utility vehicle (SUV) kompak agaknya akan semakin panas setelah Hyundai kembali menghadirkan produk terbaru, Casper dan akan memulai debut di akhir tahun ini.

Nama Casper diambil dari teknik kick-flip tertentu dalam olahraga skateboard yang memiliki arti 'perubahan arah'.

Tapi, mobil terkait baru akan hadir di Korea Selatan. Belum terdapat informasi lanjutan kapan sayapnya diperluas ke negara-negara tetangga termasuk Asia Tenggara serta Indonesia.

"Kami belum bisa berkomentar jauh mengenai Casper. Kita tunggu saja dari pernyataan resmi prinsipal," ujar Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur, Kamis (2/9/2021).

Kendati demikian, ia tidak menampik bahwa segmen LSUV kompak dengan harga terjangkau cukup menggoda di Indonesia. Apalagi, setelah beberapa produsen menghadirkan produk baru seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

"Sudah diketahui bersama bahwa pasar menengah ke bawah itu cukup baik dan ramai di sini. Yah, kita lihat nanti (apakah Hyundai Indonesia bergerak ke segmen terkait atau tidak)," kata dia.

"Pastinya, kita akan terus menghadirkan beragam kemudahan dan produk terbaik untuk konsumen Indonesia," lanjut Makmur.

Sebelumnya dikabarkan Paultan pada Rabu (1/9/2021), Casper akan menjadi produk entry level dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.0 liter MPI N/A dan 1.0 liter bensin T-GDI turbocharged.

Mesin diesel Casper menghasilkan tenaga 100 ps atau setara 98 tk dan torsi 172 Nm. Namun informasi resmi akan dirilis secara bertahap saat debut resminya akhir tahun ini.

Adapun secara dimensi mobil, Casper akan lebih kecil dibandingkan Hyundai Venue yang memiliki panjang 4.036 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.565 mm, dan jarak sumbu roda 2.520 mm.

Selain itu, Casper juga akan memasuki pasar India dan akan menjadi pesaing Tata Punch, Renault Kwid serta Maruti Suzuki Ignis.

Untuk pasar India, Hyundai dikabarkan juga akan menawarkan Casper dengan mesin bensin 1.2 liter empat silinder N/A yang menghasilkan tenaga 87 PS atau setara 85 tk dan torsi 120 Nm.

Tidak hanya itu, Casper juga diperkirakan akan menerima versi listrik pada tahun 2023.

Model ini akan datang dengan modul drive terintegrasi BorgWarner yang menggabungkan motor penggerak listrik, girboks, dan elektronika daya dalam unit modular.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/02/172455815/tantang-raize-dan-rocky-hyundai-casper-akan-masuk-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke