Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wajib Aplikasi PeduliLindungi Perjalanan Darat Belum Final

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi penumpang moda transportasi umum, belum final oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terutama untuk sektor angkutan umum darat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, aturan sudah dibahas pada rapat, namun belum diterapkan karena akan difinalisasi lebih dulu sebelum diimplementasi.

"Baru dirapatkan, besok ini (30/8/2021) akan kita perkuat lagi untuk teknis pelaksanaan seperti apa. Jadi kita finalisasi agar bisa segera diterapkan," ucap Budi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (29/8/2021).

Budi mengatakan, nantinya calon penumpang semua moda transportasi umum di darat, ketika berada di terminal wajib melakukan scan barcode dari aplikasi PeduliLindungi.

Hal tersebut dilakukan guna mengetahui apakah calon penumpang yang akan melakukan perjalanan, sudah melakukan vaksinasi atau belum.

"Intinya semua penumpang, khususnya untuk pemberangkatan itu akan scan barcode di PeduliLindungi. Teknisnya sudah ada, tapi masih belum final saja," ujar Budi.

Penggunaan apilikasi PeduliLindungi akan jadi syarat penumpang pada semua moda angkutan umum. 

Penerapannya akan dilakukan pada simpul-simpul transportasi, seperti bandara, stasiun, pelabuhan atau dermaga, serta terminal-terminal bus.

Selain mempermudah pengecekan penumpang, dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi juga bisa mencegah adanya pemalsuan dokumen karena data yang lebih lengkap.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/30/092200715/wajib-aplikasi-pedulilindungi-perjalanan-darat-belum-final

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke