Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produksi Daihatsu Terganggu Suplai dari Negara Tetangga

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain karena penerapan PPKM, adanya lockdown yang diterapkan Malaysia, ternyata menjadi salah satu hambatan bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam memproduksi mobil di Indonesia.

Pasalnya, tak semua komponen yang digunakan Daihatsu berasal dari supplier lokal, tapi masih ada sedikit suku cadang yang memang masih didatangkan dari negara tetanga tersebut.

Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM mengatakan, meski saat ini ADM sudah siap untuk mengejar produksi kembali, namun tidak bisa dilakukan sendirian, harus bersama value chain yang terkait supplier parts.

"Memang sebagan besar dari Indonesia, tetap ada juga yang dari luar. Jumlah memang sedikit, tapi tanpa parts itu mobil tidak jadi," ucap Amel saat konferensi pers secara virtual, Jumat (20/8/2021).

"Bulan ini kami baru dapat informasi Malaysia lockdown, tadinya kita sudah mau stok tapi diperpanjang. Ini yang akan berimbas bukan hanya untuk Daihatsu saja, tapi juga brand lainnya," kata dia.

Menurut Amel, informasi terkait Toyota Motor Corporation (TMC) yang bakal memangkas produksi sampai 40 persen pada September 2021 imbas suplai komponen yang terganggu Covid-19, diyakini sumbernya berasal dari Malaysia.

Seperti diketahui, sebelumnya diketahui alasan TMC akan mengurangi produksi mobilnya secara global dikarenakan krisis pasokan suku cadang, yakni cip.

"Apakah Daihatsu terganggu, harus kita hitung kembali seberapa besar. Tapi yang pasti bulan lalu (Juli) jumlah produksi kami droop cukup besar karena mengurangi shift kerja imbas PPKM itu," ucap Amel.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/21/161100915/produksi-daihatsu-terganggu-suplai-dari-negara-tetangga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke