Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Ibu-ibu Terpeleset Ngerem Mendadak di Jalan Licin

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara menggunakan sepeda motor saat jalan basah penuh risiko. Jalan yang licin membuat pengendara mudah tergelincir dan terjadi kecelakaan.

Karena itu butuh kemampuan berkendara yang baik saat melewati jalanan basah. Salah satunya ialah teknik mengerem yang benar supaya motor tidak tegelincir atau bahkan terpelanting.

Seperti pada video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia. Memperilhatkan kecelakaan lalu-lintas akibat teknik pengereman yang kurang mumpuni.

Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana menjelaskan, kondisi jalan licin adalah momok buat pengendara motor, karena itu mesti berhati-hati.

"Pengendara harus fokus melihat jauh ke depan agar dapat melihat objek atau potensi kecelakaan yang dapat terjadi seperti tumpahan minyak atau oli. Nah ketika melewati jalan tersebut maka usahakan untuk tidak melakukan pengereman mendadak," kata Agus.

Jangan menggunakan rem depan apalagi secara mendadak. Sebab penggunaan rem depan di jalan licin sangat berisiko membuat ban motor tergelincir.

"Gunakan rem belakang untuk memperlambat laju motor, lalu jaga keseimbangan apabila ban motor tiba-tiba mengalami selip akibat jalan licin tersebut," ucapnya.

Agus mengungkapkan bahwa umumnya pengendara bisa terjatuh ketika melewati jalan licin akibat tidak siap melakukan antisipasi sehingga mudah panik.

Saat dalam kondisi panik ini biasanya pengendara melakukan pengereman secara mendadak. Padahal tindakan itulah yang membuat pengendara mudah jatuh.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/20/133100915/video-ibu-ibu-terpeleset-ngerem-mendadak-di-jalan-licin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke