Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menakar Konsumsi BBM Raize GR Sport CVT di Dalam Kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas soal performa, giliran melirik konsumsi bahan bakar Toyota Raize GR Sport CVT, ketika redaksi ajak sedikit berjalan-jalan di dalam kota.

Meski hadir sebagai sebuah SUV compact, namun olahan tenaga dari mesin turbo dengan kapasitas 1.000 cc tiga silinder patut untuk diperhitungkan. Terutama untuk penggunaan di dalam kota.

Karakteristik respon cepat dari putaran bawah, membuat Raize tak lemah dalam berakselerasi dan cocok menghadapi kondisi stop n go. Apalagi dari sisi handling juga tergolong nyaman.

Efeknya, membuat Raize mampu menghadirkan sisi fun to drive. Lantas bagaimana soal konsumsi bahan bakarnya.

Dari hasil pengujian singkat redaksi di area dalam kota dengan kondisi jalan yang bervariasi, sampai melintas ruas tol menuju Bekasi, konsumsi rata-rata Raize GR Sport CVT berdasarkan MID mencapai 10,1 kpl dengan total jarak tempuh 108,5 km.

Artinya, dengan satu liter bensin yang dihabiskan Raize, bisa digunakan untuk menempuh jarak kurang lebih mencapai 10 km. Namun tentunya hal tersebut hanya hitungan rata-rata saja.

Banyak faktor yang mempengaruhi masalah konsumsi bahan bakar, mulai dari gaya berkendara, kondisi jalan, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, bobot, dan lainnya.

Kebetulan ketika redaksi menjajal Raize yang dibalut dua warna ini cenderung agresif, apalagi ketika masuk ke ruas jalan tol dan merasakan sedikit tenaganya dengan melakukan kickdown.

Namun demikian, saat awal melintasi ruas dalam kota, dengan posisi hanya dua penumpang dan berkendara santai, MID sempat menunjukkan angka dikisaran 13,7 kpl sampai 14,8 kpl.

Sayang untuk pengujian penuh ke luar kota belum bisa kami lakukan, dan hal ini akan menjadi "PR" untuk ke depannya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/20/103200815/menakar-konsumsi-bbm-raize-gr-sport-cvt-di-dalam-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke