Salin Artikel

Resmi Meluncur, Apa Menariknya VW Tiguan Allspace Edisi Sporty

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Mataram Motor (GMM), selaku agen pemegang merek (APM) Volkswagen (VW) di Indonesia resmi meluncurkan varian terbatas dari Tiguan Allspace bertajuk The Sport Edition.

Edisi khusus dari SUV tujuh penumpang yang pertama kali hadir di Indonesia pada 2019 lalu, diluncurkan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Head of Marketing and Communications Volkswagen PT GMM Rony Syarif mengatakan, Tiguan Allspace memiliki keunggulan sesuai dengan kebutuhan konsumen keluarga Indonesia yang menyukai mobil dengan kepraktisan dan daya angkut tujuh penumpang.

"Kini VW Tiguan Allspace sebagai sebuah SUV premium tak hanya menyuguhkan pilihan tersebut, namun memberikan opsi makin eksklusif dengan kehadiran edisi spesial: The Sport Edition. Model ini ditawarkan secara terbatas menyambut HUT ke-76 RI di 2021 ini" ujar Rony, dalam keterangan resminya, Senin (16/8/2021).

Mengusung tema edisi khusus, sudah pasti ada perubahan yang dilakukan pada VW Tiguan Allspace The Sport Edition.

Dengan tema sporty, maka hadir SUV ini datang dengan sentuhan lain dari sisi  bumper depan yang dikemas lebih agresif, selain itu, trim pintu juga dibuat senada dengan warna bodi sehingga memberikan efek polos di sektor samping.

Pada area belakang, bumper juga dibuat senada dengan warna bodi yang kemudian didampingi list krom. Sementara lainnya, ada diffuser, spoiler, serta cover spion yang warnanya juga dibuat sama dengan bodi.

Mobil CKD ini dipasarkan dengan harga Rp 685 juta untuk harga Jabodetabek. Tak hanya itu, untuk menunjukkan kesan eksklusifnya, setiap unit yang terjual juga akan mendapat nomor edisi khusus.

Tiguan Allspace merupakan generasi kedua dari VW Tiguan yang hadir sebagai SUV pertama Volswagen Group menggunakan platform modular transverse matrix (MQB) yang diklaim mampu meningkatkan semua keunggulan.

Dibandingkan model sebelumnya, secara proporsisi Tiguan punya tampilan yang lebih modern dan sporty, bobotnya juga terpangkas hingga 50 kg, namun memiliki dimensi yang lebih besar dengan jarak roda yang naik 77 mm sehingga memberikan ruang kabin lebih lapang.

Soal dapur pacu, Tiguan Allspace dibekali mesin 1.400 cc TSI. Mesin tersebut mampu memproduksi tenaga puncak hingga 150 tk dan torsi hingga 250 Nm yang disalurkan via transmisi DSG 6 percepatan plus triptonic.

Walau CKD, tapi sajian fitur yang disematkan cukup mewah. Mulai dari adaptive chassis control (DCC) untuk memberikan pilihan mode berkendara dengan adaptasi pada sistem kejut, 360 derajat area view, Electronic Stability Control (ESC), Park Assist System, enam buah Airbag, Tire Pressure Monitoring, dan lainnya.

Fitur keselamatan unik yang dimiliki Tiguan Allspace adalah Automatic Post Collision Brake System. Dengan input sensor dari airbag, sistem akan bekerja menghindari akibat benturan agar tidak semakin parah.

Secara otomatis fitur ini akan melakukan pengereman setelah kendaraan mengalami tabrakan dan mempercepat pengereman untuk meminimalkan benturan yang mungkin terjadi selanjutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/16/173200915/resmi-meluncur-apa-menariknya-vw-tiguan-allspace-edisi-sporty

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.