Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rossi Masih Nekat, Nyaris Naik Podium di MotoGP Austria

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi termasuk salah satu pebalap yang nekat menggunakan ban slick saat kondisi hujan pada MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring. Tapi, kondisi ini membuatnya nyaris naik podium.

Rossi yang start dari urutan ke-18 mencoba untuk menyelesaikan balapan dan meraih poin. Tapi, sebelum hujan turun, dia tetap tak mampu menembus 15 besar.

Baru pada lima lap terakhir, hujan turun dan sebagian pebalap memutuskan untuk menukar motor dengan ban basah. Sedangkan Rossi dan sebagian pebalap lainnya, bertahan menggunakan ban slick.

"Itu balapan yang luar biasa, karena pebalap dengan ban slick dan pebalap dengan ban basah bertemu di tiga tikungan terakhir. Itu sangat menyenangkan," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Senin (16/8/2021).

Pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) tersebut menambahkan, dalam kondisi hujan tersebut, keputusan diambil berdasarkan insting. The Doctor memutuskan untuk tidak berhenti karena balapan tinggal lima lap lagi.

"Dan itu keputusan yang tepat, karena saya bisa naik posisi. Itu sangat bagus hingga dua lap terakhir, dua lap terakhir sangat sulit karena hujan semakin deras. Ada juga momen ketika saya berada di posisi podium," kata Rossi.

Rossi menambahkan, akan sangat indah jika bisa naik podium. Dua lap terakhir mampu dilaluinya dengan baik. Saat berada di posisi ketiga, dia mengaku cukup kaget dan tidak bisa memahaminya.

"Sejujurnya, saya sedikit takut saat masuk tikungan pertama. Saya melebar sedikit, tapi lalu saya berkata pada diri sendiri, 'Ayo, mari coba'. Sayangnya, Pecco (Francesco Bagnaia) dan yang lainnya dengan ban basah datang ketika dua tikungan terakhir," ujar Rossi.

Rossi akhirnya menyelesaikan balapan di posisi kedelapan. Menurutnya, hasil tersebut sudah bagus, karena berhasil meraih poin.

"Ini penting bagi saya, tapi juga bagi tim dalam masa sulit ini. Kami meninggalkan Austria, tempat yang sulit bagi kami di atas kertas, dengan balapan yang luar biasa dan sedikit poin. Kami senang dengan hal itu," kata Rossi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/16/094200115/rossi-masih-nekat-nyaris-naik-podium-di-motogp-austria

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke