Salin Artikel

Menimbang Untung-Rugi Beli Mobil secara Kredit dan Tunai

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski ekonomi terguncang akibat pandemi Covid-19, namun sampai saat ini masih ada sebagian masyarakat yang memiliki daya beli. Termasuk dalam hal berbelanja mobil baru.

Apalagi dengan adanya stimulus dari pemerintah berupa diskon PPnBM serta tambahan iming-iming diskon sebagai daya tarik untuk konsumen.

Namun, bagi yang ingin membeli dan masih mempertimbangkan metodenya, sebaiknya pahami dulu untung dan rugi meminang mobil baru dengan cara kredit dan tunai ?

Menurut Chief Executive Auto2000 Martogi Siahaan, alasan mempertimbangkan pembelian mobil penting dilakukan karena bersangkutan dengan budget yang dimiliki.

"Pertimbangkan secara bijak sebelum memutuskan untuk membeli mobil secara tunai atau kredit sesuai kemampuan keuangan," ujar Martogi dalam keterangan resminya, Minggu (8/8/2021).

Bicara soal untung dan rugi, sebenarnya kedua cara pembelian tunai dan cicilan alias kredit, secara garis besanya sama-sama memiliki sisi tersebut.

Konsumen yang membeli mobil secara tunai atau cash, memiliki keuntungan tak lagi perlu memikirkan soal pelunasan kredit setiap bulannya. Fokus akan lebih ke sisi biaya operasional yang memberikan ketenangan.

Selain itu, pembelian secara tunai juga diklaim membuat konsumen lebih irit karena tak harus mengeluarkan banyak uang tambahan yang sebenarnya memiliki total akan lebih tinggi dari membayar bunga.

"Termasuk dapat menjualnya (mobil) kembali kapan saja karena tidak ada ikatan perjanjian kredit dengan leasing," kata Martogi.

Dari segi kelemahan, membeli mobil tunai membutuhkan dana yang tak sedikit, bahkan tak jarang sampai menghabiskan tabungan dan mengurangi pilihan model lantaran adanya batasan uang tunai. Selain itu, dana simpanan yang bisa dipakai untuk kebutuhan lain turut hangus.

Untuk pembelian secara kredit, konsumen dimudahkan untuk membeli mobil baru walau dananya belum terkumpul. Bahkan bisa memiliki ragam model, karena tak dibatasi uang tunai sepanjang bisa melunasi down paymet (DP).

Keuntungan lain yang ditawarkan pembelian secara kredit, dimungkinkannya untuk mengatur DP dan angsuran per bulan sesuai dengan rencana keuangan. DP besar memberikan keringanan cicilan perbulan, sementara DP ringan memberikan kemudahan pembayaran di awal meskipun akan memperbesar cicilan perbulan.

Pembelian secara kredit juga membuka peluang konsumen mendapatkan asuransi kendaraan. Hal ini lantaran memang diberikan oleh tiap lembaga pembiayaan.

Sedangkan untuk kerugian, sudah pasti transaksinya lebih tinggi bila ditotal menginta adanya biaya tambahan bunga cicilan. Selain konsumen juga harus menyediakan berkas administrasi lebih banyak untuk proses cicilan yang melibatkan lembaga pembiayaan sebagai pihak ketiga.

"Ada risiko pengajuan kredit ditolak oleh leasing atau bank akibat tidak lulus pengecekan status keuangan di Bank Indonesia. Selain risiko masalah, andai mengalami kesulitan pembayaran angsuran berjalan, yang terburuk mobil bisa ditarik oleh leasing," ucap Martogi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/09/080200215/menimbang-untung-rugi-beli-mobil-secara-kredit-dan-tunai

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.