Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemilik Mobil Harus Tahu Faktor yang Bikin Ban Cepat Botak

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen mobil yang bergesekan langsung dengan aspal.  Seiring pemakaiannya, ada beberapa faktor mengakibatkan keausan ban dapat lebih cepat dari biasanya.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan ban mobil lebih cepat aus, salah satunya karena cara berkendara.

"Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan keausan ban, salah satunya karena kebiasan atau cara pengemudi membawa mobilnya," kata Zulpata kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Beberapa kebiasan buruk pengemudi yang membuat ban lebih cepat aus antara lain penggunaan tekanan angin yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil.

Tekanan angin yang tidak sesuai akan membuat ban tidak bekerja maksimal dan lebih cepat aus.

Selanjutnya, membawa muatan yang berlebihan. Jika muatan mobil berlebihan maka otomatis gesekan yang terjadi antara permukaan ban dengan aspal juga semakin besar. Akibatnya keausan ban terjadi lebih cepat.

"Selanjutnya yakni melakukan akselerasi yang tiba-tiba dan melakukan pengereman tiba-tiba," ucap Zulpata.

Sebaiknya kemudikan kendaraan dengan normal dan jangan memaksakan ban menanggung beban berat akibat akselerasi dan pengereman mendadak.

Selain itu jangan paksakan juga untuk melakukan manuver yang berlebihan.

Kebiasaan buruk berikutnya yakni jarang atau kurang mengecek kelurusan dan kesetimbangan roda. Lakukan spooring dan balancing agar kesetimbangan dan kelurusan roda mobil tetap terjaga.

Selanjutnya, yakni periksa kaki-kaki mobil dan juga suspensi mobil. Pada dasarnya jika salah satu suspensi bermasalah maka akan membuat salah satu ban menanggung beban lebih. Hal ini juga mengakibatkan ban akan lebih cepat aus.

Terakhir jarang melakukan rotasi ban. Rotasi ban pada mobil juga perlu dilakukan agar ban habis secara merata. Kadang kala ban habis pada sebagian sisi saja karena beban kendaraan, maka dari itu perlu dilakukan rotasi ban.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/05/111200215/pemilik-mobil-harus-tahu-faktor-yang-bikin-ban-cepat-botak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke