Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Pengguna Motor yang Ingin Naik Kelas ke SIM CI dan CII Harus Tes Ulang | Berburu Yaris Bakpao

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri menyatakan bahwa setiap pengendara yang ingin naik kelas ke SIM CI atau SIM CII harus dilakukan uji ulang. Prosesnya, bukan sebagaimana perpanjangan yang hanya melengkapi keperluan administrasi.

Demikian dikatakan Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri AKBP Arief Budiman saat dihubungi. Namun, ia belum bisa mengatakan secara rinci penerapannya.

Sebab, aturan baru penggolongan SIM tersebut masih dalam proses finalisasi yakni pengesahan teknis standar operasional prosedur (SOP) penerbitan SIM.

"Masih sesuai target di awal, kita implementasikan Agustus ini. Dari kesiapan, sudah selesai namun memang masih ada satu tahapan lagi," kata dia.

Kemudian, artikel mengenai kasus motor pengemudi gede (moge) dengan skutik kerap diminati oleh para pembaca.

Dalam insiden tersebut diketahui pengendara motor matik yang dikemudikan oleh seorang ibu muda berhenti di tengah jalan saat hendak berbelok ke arah kiri. Pada saat bersamaan, konvoi moge melintas, pun tabrakan tak bisa dihindari.

Berikut 5 artikel terfavorit di Kompas Otomotif pada Senin, 2 Agustus 2021;

1. Honda Super Cub C125 Terbaru Meluncur di Indonesia, Cek Harganya

Astra Honda Motor (AHM) resmi melansir Honda Super Cub C125 model baru. Ada beberapa ubahan pada model terbaru ini dibandingkan model sebelumnya.

Marketing direktur AHM Thomas Wijaya mengatakan, Super Cub C125 merupakan motor legendaris yang diminati karena desainnya yang unik dan tak lekang oleh waktu.

“Penyegaran pada model ini merupakan upaya kami menjawab keinginan masyarakat dalam mengekspresikan karakter dan gaya hidup yang premium dan stylish dengan tetap mempertahankan orisinalitasnya,” katanya dalam rilis resmi, Senin (2/8/2021).

2. Pengguna Motor yang Ingin Naik Kelas ke SIM CI dan CII Harus Tes Ulang

Aturan baru mengenai penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk sepeda motor atau SIM C sudah siap diterapkan dalam waktu dekat. Kini, pihak Polri sebagai penyelenggara tengah memasuki tahap final persiapan.

"Masih sesuai target di awal, kita implementasikan Agustus ini. Dari kesiapan, sudah selesai namun memang masih ada satu tahapan lagi," kata Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri AKBP Arief Budiman saat dihubungi Kompas.com, Minggu (1/8/2021).

Adapun satu tahapan dimaksudnya ialah menunggu pengesahan Peraturan Kakorlantas (Perkakor) mengenai teknis standar operasional prosedur (SOP) penerbitan SIM.

3. Toyota GR70, Begini Jadinya Jika Corolla DX Diproduksi Lagi

Toyota Corolla E70 atau yang lebih populer di Indonesia dengan nama Corolla DX, sudah berhenti dijual pada dekade 1980-an.

Namun sampai hari ini, masih banyak orang yang menggemarinya, terutama penyuka mobil retro. Bahkan tak sedikit juga yang berharap sedan lawas ini kembali diproduksi.

Disitat dari Top Gear Filipina (1/8/2021), ilustrastor Andrew Guerreiro menampilkan gambar olah digital mobil baru, berlabel Toyota Neo E70 Gazoo Racing (GR70).

4. Belajar dari Kasus Moge vs Skutik, Jangan Berhenti di Tengah Jalan

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan antara pengendara sepeda motor gede (moge) vs skuter matik (skutik) terjadi di Bintaro, Tangerang Selatan, akhir pekan lalu.

Dalam insiden tersebut diketahui pengendara motor matik yang dikemudikan oleh seorang ibu muda berhenti di tengah jalan saat hendak berbelok ke arah kiri. Pada saat bersamaan, konvoi moge melintas, pun tabrakan tak bisa dihindari.

“Semula sepeda motor Kawasaki ER-6N yang dikendarai saudara AS melaju dari arah flyover Permata hendak ke arah TL (Traffic Light) Penabur,” kata Iptu Nanda Setya Pratama, Minggu (1/8/2021).

5. Berburu Yaris Bakpao, Termurah Dijual Mulai Rp 70 Jutaan

Toyota Yaris menjadi mobil di segmen hatchback yang diandalkan Toyota sejak awal kemunculannya di Indonesia pada 2006 silam.

Menjadi pesaing kuat Honda Jazz yang juga populer pada saat itu, Yaris dibekali dengan dapur pacu 1.5L DOHC VVT-i berlabel 1NZ-FE. Mesin yang terpasang pada Yaris ini sama seperti milik Toyota Vios.

Pada awal perilisannya di Indonesia hingga tahun 2013, Yaris memiliki bentuk khas yang membulat seperti bakpao, kudapan tradisional Tionghoa. Oleh karena itu Yaris lansiran 2006-2013 kerap dijuluki Yaris Bakpao.

Pada kurun waktu 2006-2008, hatchback yang diimpor dari Thailand secara completely build up (CBU) ini tersedia dalam 3 varian, yakni Tipe E, Tipe S, dan Tipe S Limited.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/03/060200915/-populer-otomotif-pengguna-motor-yang-ingin-naik-kelas-ke-sim-ci-dan-cii

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke