Salin Artikel

Alasan Pedrosa Akhirnya Mau Balapan Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dani Pedrosa resmi pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2018. Setelah lebih dari dua tahun, akhirnya mantan pebalap Repsol Honda ini memutuskan untuk balapan lagi.

Setelah pensiun dari Honda, Pedrosa memutuskan untuk membantu KTM. Tugasnya di tim asal Austria ini adalah sebagai test rider untuk mengembangkan RC16.

Selama menjadi test rider, Pedrosa tidak pernah turun sebagai wildcard. Baru musim ini, pebalap asal Spanyol tersebut akhirnya akan kembali bersaing secara langsung dengan pebalap MotoGP lainnya.

Pedrosa mengatakan, salah satu alasannya dia ingin balapan adalah perkembangan MotoGP saat ini. Selain itu, tujuan lainnya adalah hanya untuk mengembangkan motor.

"Banyak yang terjadi pada para pebalap, generasi baru ini lebih maju. Kita bisa lihat berapa kecepatan mereka sekarang. Rekor lap dipatahkan setiap tahun. Motor juga semakin baik setiap waktu," ujar Pedrosa, dikutip dari Speedweek.com, Senin (2/8/2021).

Pedrosa menambahkan, dia merasakah perubahan tersebut bahkan saat menonton dari rumah. Saat dia berada di sirkuit, dia bisa merasakannya lebih baik lagi. Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan dia ingin balapan sebagai wildcard.

"Saya ingin memahami lebih baik lagi balapan sekarang ini, dengan semua teknologinya. Saya tertarik untuk melihat langsung persaingan dan bagaimana baiknya menggunakan peralatan yang ada sekarang saat ini," kata Pedrosa.

Pebalap dengan nomor start 26 tersebut mengatakan, dia ingin mengetes RC16 dalam situasi balap sesungguhnya, itulah fokus utamanya.

"Kami memiliki empat sesi latihan bebas, kualifikasi, dan balapan, di mana saya bertemu semua lawan. Untuk melakukannya, saya harus terbiasa dengan strategi balap yang baru. Saya juga harus mencari tahu apa yang diminta para pebalap dan motor sekarang ini," ujar Pedrosa.

Dia menambahkan, ingin merasakan secara langsung apa yang terjadi saat sesi latihan bebas, sesi kualifikasi, dan saat start. Pedrosa juga mengaku ingin merasakan dan mempelajari alat bantu start dan pengatur ketinggian saat bersaing langsung dengan pebalap lain.

"Soal ekspektasi saya, sulit untuk menjawabnya. Saya sudah jauh dari kompetisi cukup lama. Saya tidak tahu apakah bisa memprogram ulang kepala saya dengan mengklik Racing Mode. Tapi, saya ingin bersenang-senang sebaik mungkin saat balapan, dan semoga para pendukung bisa menghargai usaha ini," kata Pedrosa.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/02/104200615/alasan-pedrosa-akhirnya-mau-balapan-lagi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.