Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jaga Harga Mobil Bekas Tetap Tinggi, Begini Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyaknya pembeliaan mobil baru dengan metode tukar tambah, membuat pemilik mobil lama harus pintar-pintar merawat kendaraan.

Pasalnya, kondisi tersebut perlu dilakukan sebagai upaya memastikan resale value, atau harga jual kembali dari mobil yang dimiliki tidak jatuh saat akan menukar dengan unit baru.

Dengan demikian, kesempatan mendapatkan harga yang lebih baik cukup tinggi. Kondisi tersebut tentu sangat membantu mengurangi pengeluaran. 

Menurut Hendro Kaligis, Head of Business Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ada dua cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat harga jual mobil lebih tinggi dari pasaran.

"Pertama, pemilik wajib mengikuti jadwal perawatan berkala di bengkel resmi. Servis rutin sudah disusun sedemikian rupa untuk memastikan kondisi mobil tetap prima, dan hal ini diklaim sebagai rahasia umum yang diyakini oleh pembeli mobil bekas," ujar Hendro dalam keterangan resminya, Rabu (28/7/2021).

Karena itu, hal pertama yang dilakukan calon pembeli mobil bekas adalah melakukan pengecekan apakah mobil dirawat secara berkala di bengkel resmi, bila tidak, siap-siap harga mobil akan turun, bahkan membuat calon pembeli menjadi ragu.

Menurut Hendro, Suzuki melalui layanan penjualan mobil bekasnya, yakni Auto Value, tetap memberikan penawaran mobil bekas dengan harga tinggi, terutama pada mobil yang mengikuti jadwal perawatan berkala di bengkel resmi.

"Auto Value sendiri adalah layanan mobil bekas resmi dari Suzuki Indonesia yang membantu proses tukar tambah menjadi lebih mudah dan menguntungkan," ucap Hendro.

Cara yang kedua adalah memiliki asuransi perlindungan komprehensif yang menyertakan klausul bengkel resmi dan penggunaan suku cadang asli (genuine part). Karena pada faktanya, hampir 90 persen mobil di perkotaan mengalami kerusakan bodi.

Mulai dari lecet-lecet minor hingga kerusakan karena benturan atau tabrakan. Perbaikan di bengkel resmi memastikan kondisi bodi kembali baik sesuai dengan standar bengkel pabrikan.

Saat melakukan pengecekan bodi, umumnya pembeli mobil bekas bisa merasakan hasil perbaikan yang dilakukan. Apakah itu memiliki standar yang tinggi atau rendah, dan hal tersebut berpengaruh besar terhadap penawaran yang diajukan.

Lagi-lagi, hal ini menjadi faktor penting penentu harga. Bila kualitas perbaikan tidak baik, tentu harga yang sudah ditentukan bisa kembali "digoyang".

Menurut Hendro, produk Suzuki tersedia perlindungan mobil yang komprehensif melalui Suzuki Insurance yang merupakan produk asuransi resmi yang ditawarkan eksklusif kepada pemilik kendaraan Suzuki.

"Suzuki Insurance memberikan perlindungan melalui layanan bengkel resmi dan penggunaan suku cadang asli. Bahkan memberikan perlindungan komprehensif untuk kendaraan niaga baik kabin maupun bak-nya," kata Hendro

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/29/102100415/jaga-harga-mobil-bekas-tetap-tinggi-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke