Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebiasaan Pemotor di Jalan, Pakai Helm karena Takut Ada Polisi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan peranti perlindungan diri yang wajib dipakai pengendara sepeda motor. Tanpa helm, pengendara motor akan ditilang oleh polisi.

Tapi, memakai helm masih sekadar mengikuti peraturan, belum menjadi kesadaran. Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram, Dashcam Owners Indonesia.

Dalam video tersebut terlihat pengendara motor baru memakai helm ketika jalan padat. Hal seperti ini cukup sering terjadi, di mana pemotor baru pakai helm karena takut petugas.

“Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal, banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Padahal, penggunaan helm wajib hukumnya dan tidak bisa ditawar lagi. Sehingga, kesadaran tersebut harus muncul dari dalam diri bukan karena keterpaksaan.

Agus menyarankan, penyuluhan soal pentingnya helm harus dimulai sejak dini mulai dari bangku sekolah. Sehingga, masyarakat paham pentingnya helm sejak usia belia.

Selain melindungi batok kepala jika terjadi benturan, helm dengan visor juga melindungi muka pengendara motor dari hembusan angin dan material lain.

“Visor dapat melindungi bagian muka dari berbagai macam potensi bahaya yang ada. Misalnya seperti batu kerikil yang tiba-tiba mental, debu di jalan, dan binatang kecil yang tidak terlihat,” ucap Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/28/170100815/kebiasaan-pemotor-di-jalan-pakai-helm-karena-takut-ada-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke