Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membandingkan Interior Gran Max Blind Van dan DFSK Gelora Blind Van

JAKARTA, KOMPAS.com – Blind van merupakan sebuah kendaraan niaga kecil yang bisa digunakan untuk ekspedisi, catering, dan sebagainya. Ukurannya yang kompak, membuat blind van jadi pilihan kendaraan untuk digunakan di perkotaan.

Kali ini Kompas.com sedang membandingkan dua blind van yang ada di Indonesia, pertama ada Daihatsu Gran max dan satu lagi DFSK Gelora. Secara eksterior, Gelora punya dimensi yang sedikit lebih besar dan bentuknya lebih mengotak.

Sedangkan Gran Max punya desain keseluruhan yang lebih membulat, namun bagian bumper depan dan belakang belum sewarna dengan bodi. Selain bagian eksterior, pada artikel ini akan dibahas bagian interior dari kedua blind van ini.

Untuk kabin pengemudi, sebenarnya tidak banyak kemewahan yang disediakan, karena memang fungsinya sebagai kendaraan barang. Namun setidaknya, bagian interior juga tetap dibuat nyaman untuk pengemudi.

Soal desain, kabin pengemudi milik Gelora bisa dibilang lebih modern, sedangkan Gran Max agak monoton dengan desain mengotak. Bahan dasbor pun memakai plastik keras serta bagian door trim yang dilapis dengan vinil.

Selain itu di bagian kabin Gelora punya fitur lebih banyak dari Gran Max. Misalnya power window, takometer di speedometer, dan pengatur arah semburan AC, Gran Max blind van tidak memiliki ketiga hal tersebut.

Namun, posisi tuas transmisi Gran Max ada di dasbor yang memudahkan pengemudi untuk mengoperasikannya dan menciptakan ruang lapang antara supir dan penumpang depan. Sedangkan Gelora, posisi tuas transmisinya masih di bawah, seperti mobil pada umumnya.

Kemudian, keduanya sudah dilengkapi dengan AC, head unit single din, dan bangku yang bisa diatur kerebahannya. Tetapi, lagi-lagi Gelora punya fitur yang lebih banyak, yaitu head rest yang bisa diatur, sedangkan Gran Max modelnya menyatu dengan bangku.

Beralih ke kabin belakang, di mana menjadi hal yang penting, soal luasnya kabin. Gelora punya panjang kabin belakang 2,63 meter. Kemudian soal volume di kabin kedua belakang Gelora sebesar 4,8 meter kubik atau 4.800 liter.

Selain itu, pada Gelora juga ditambah penyekat dari besi yang memisahkan kabin pengemudi dan barang. Sedangkan untuk Gran Max, punya panjang kabin belakang sekitar 2,05 meter dan volume 4.000 liter.

Bisa dikatakan, dengan harga Rp 169 juta, DFSK Gelora punya fitur lebih banyak di kabin pengemudi serta kabin belakang yang lebih luas dari Gran Max yang dibanderol Rp 160,85 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/23/102200515/membandingkan-interior-gran-max-blind-van-dan-dfsk-gelora-blind-van

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke