Salin Artikel

PPKM Level 4, Pameran Otomotif GIIAS Ditunda Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali melakukan penyesuaian jadwal pelaksanaan acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) seiring diterapkannya PPKM Level 4.

Usai melakukan koordinasi dengan pihak terkait, diputuskan bahwa penyelenggaraan pameran otomotif tahunan tersebut menjadi 11-21 November 2021 atau mundur dua bulan dari rencana sebelumnya.

"Gaikindo sangat mendukung dan menghargai langkah serta kebijakan yang diambil pemerintah RI. Melalui penyesuaian kembali jadwal GIIAS 2021 ini, kami harap akan menjadi keputusan terbaik bagi semua pihak," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam keterangannya, Kamis (22/7/2021).

Pada kesempatan sama, ia juga menekankan bahwa keputusan penyesuaian jadwal GIIAS 2021 juga telah mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak terkait, tak terkecuali Kementerian Perindustrian RI.

Meski kembali diundur, GIIAS akan tetap diselenggarakan di lokasi yang sama, yakni Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Acara akan berlangsung secara tatap muka dengan protokol kesehatan ketat.

"Kami yakin kehadiran GIIAS pada November nanti tak akan mengurangi intisari perkembangan teknologi dari industri otomotif yang ditampilkan peserta untuk masyarakat Indonesia," kata Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS.

Diketahui, pameran GIIAS sebelumnya sudah beberapa kali melakukan penyesuaian jadwal imbas perkembangan pandemi Covid-19 di dalam negeri.

Awalnya, pihak asosiasi berencana untuk menggelar pameran pada 12-22 Agustus 2021 setelah sempat ditunda selama setahun penuh sepanjang 2020 lalu.

Beragam kesiapan telah dirancang, termasuk protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran pemerintah, guna memberikan dukungan terhadap upaya kebangkitan dan perbaikan industri otomotif Indonesia.

Tetapi dikarenakan kasus Covid-19 kembali meledak dan pemerintah RI menerapkan PPKM darurat pada 3-20 Juli 2021 untuk wilayah Jawa dan Bali, Gaikindo memundurkan pelaksanaan pameran jadi 9-19 September 2021.

Kebijakan itu pun mendapat respons baik dari para peserta pameran (agen pemegang merek dan produsen), calon konsumen, serta Kementerian Perindustrian.

Namun saat penyelenggaraannya sudah di depan mata, kasus Covid-19 lagi-lagi mengalami lonjakkan.

Pemerintah pun menerapkan pembatasan aktivitas guna menekan penyebarannya melalui PPKM Level 4, sehingga Gaikindo kembali terpaksa untuk melakukan penyesuaian jadwal sampai 11-21 November 2021.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/22/152100415/ppkm-level-4-pameran-otomotif-giias-ditunda-lagi

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.