Salin Artikel

Motor Trail Jadi Incaran Maling, Ini Ragam Gembok biar Makin Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, banyak kejadian motor trail dicuri maling. Untuk itu, penting sekali meningkatkan keamanan agar terhindar dari hal tersebut.

Sistem keamanan motor trail dari pabrikan memang tidak sebaik, skuter matik (skutik) atau motor sport zaman sekarang. Kebanyakan motor trail tidak dilengkapi kunci pengaman magnetik.

Motor trail pada umumnya hanya dilengkapi dengan kunci setang. Padahal, secara dimensi, motor trail lebih sulit dicuri dibandingkan skuter matik (skutik).

Mukti, Technical Service Function (TSF) Main Dealer Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, secanggih apa pun sistem pengamanannya, motor tetap punya peluang kemalingan.

“Semua tingkat keamanan motor pastinya punya peluang ditembus. Tetap disarankan menggunakan kunci ganda di area lain misal kunci disc, alarm, dan sebagainya,” kata Mukti kepada Kompas.com, belum lama ini.

Berikut ini beberapa jenis kunci pengaman beserta kelebihan dan kekurangannya:

1. Kunci Pengaman di Tuas Rem

Sayangnya, material besi yang digunakan biasanya kurang baik. Mekanisme di dalam lubang kunci mudah rusak. Kunci pengaman ini dijual di kisaran Rp 100.000 hingga Rp 125.000.

2. Kunci Pengaman di Rem Cakram

Namun, posisinya yang berada di bawah dan ukurannya yang kecil terkadang membuat pemilik motor justru lupa rem cakram sedang dikunci. Sehingga, saat motor dijalankan, kunci pengaman yang tertahan dapat membuat kaliper atau sokbreker depan menjadi lecet.

Kunci pengaman ini dipasarkan di kisaran Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

3. Kunci Pengaman di Sokbreker

Namun, ukurannya cukup besar dan kurang efisien untuk dibawa-bawa. Selain itu, penempatannya di sokbreker depan juga dapat mengurangi estetika. Harga kunci pengaman ini berkisar Rp 150.000 hingga Rp 200.000.

4. Kunci Pengaman Magnet

5. Alarm Tambahan

Namun, penggunaan alarm tambahan tidak disarankan untuk motor baru. Sebab, pengaplikasiannya biasanya harus membuka salah satu kabel. Sehingga, dapat menggugurkan garansi kelistrikannya.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, kunci pengaman sebenarnya bukan sebagai antimaling.

“Semua peralatan tersebut hanya untuk mempersulit, memperlambat, atau bahkan mengurungkan niat pencuri. Karena akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengambil motor, kemungkinan bisa gagal saat menjalankan aksinya karena sudah keburu kepergok orang lain,” ujar Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain penambahan kunci pengaman, ada banyak cara lainnya yang bisa dilakukan, seperti melepas aki, mencopot busi, atau lebih ekstrem lagi melepas roda.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/19/090200215/motor-trail-jadi-incaran-maling-ini-ragam-gembok-biar-makin-aman

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.