Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harley-Davidson Sportster S Meluncur, Lebih Bertenaga dan Berotot

JAKARTA, KOMPAS.com - Harley-Davidson (HD) resmi meluncurkan generasi terbaru di keluarga Sportster, yakni Sportster S. Motor gede (moge) ini memiliki mesin yang lebih bertenaga dan bodi yang lebih kekar.

Dikutip dari Paultan.org, Kamis (15/7/2021), Sportster S jadi motor kedua yang dibekali dengan mesin baru V-twin Revolution Max 1250T. Mesin tersebut pertama kali digunakan oleh Pan America 1250.

Mesin DOHC dengan 4 katup per silinder menggunakan katup yang lebih kecil dan bentuk ruang bakar yang berbeda. Sehingga menghasilkan torsi lebih besar pada putaran bawah hingga menengah.

Mesinnya mampu hasilkan tenaga hingga 121 tk pada 7.500 rp dan torsinya mencapai 127 Nm pada 9.000 rpm.

Model knalpot juga berubah pada Sportster S ini. Pada Sportster model sebelumnya, knalpot posisinya ada di bawah. Untuk Sportster S, posisi knalpot ada di atas, seperti model knalpot motor Scrambler.

Gaya yang diusung kurang lebih masih satu nafas dengan Sportster model sebelumnya. Uniknya, HD menawarkan dua posisi berkendara pada motor ini.

Selain footstep yang ada di depan dengan posisi kaki lebih lurus, HD juga menyediakan kit dengan posisi kaki sejajar dengan badan. Namun, kit ini sifatnya opsional.

Suspensinya sekarang lebih mengarah seperti suspensi pada motor sport. HD mengandalkan suspensi upside down dari Showa dengan diameter 43 mm yang sepenuhnya bisa disetel. Monoshock juga dari Showa dan bisa disetel sepenuhnya.

Kaki-kakinya juga terlihat lebih padat berkat penggunaan ban lebar. Ban depannya berukuran 160/70-17 dan ban belakang berukuran 180/70-16.

Tinggi joknya hanya 753 mm dan kapasitas tangki mencapai 11,8 liter. Untuk bobot keseluruhan, Sportster S ini mencapai 228 kg.

Untuk fiturnya, HD membuat Sportster S ini jadi lebih modern dengan panel meter bulat berlayar TFT dengan ukuran 4 inci. Panel meter ini juga disambungkan ke ponsel melalui aplikasi HD dengan konektivitas Bluetooth. Terdapat pula soket untuk mengecas dengan tipe USB-C.

Selain itu, sistem penerangannya sudah LED dan terdapat cruise control. HD juga menyematkan empat mode berkendara, yakni Road, Sport, Rain, dan Custom. Mode berkendara tersebut berhubungan dengan karakteristik torsi mesin, pengereman mesin, respons gas, dan intervensi ABS.

HD Sportster S dibanderol 14.999 dolar Amerika atau sekitar Rp 217 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/15/142100515/harley-davidson-sportster-s-meluncur-lebih-bertenaga-dan-berotot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke