Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bersihkan V-Belt Skutik, Jangan Pakai Air atau Oli

SURABAYA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor skuter matik (skutik), komponen v-belt jadi salah satu bagian penting di area CVT (Continuously Variable Transmission).

Agar tetap awet, tentu komponen ini perlu rutin dirawat. Perawatan v-belt paling sederhana adalah dengan membersihkannya.

Namun muncul anggapan bahwa membersihkan v-belt jangan memakai air atau oli. Mengapa demikian?

Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya mengatakan bahwa memang betul dalam membersihkan v-belt tidak disarankan menggunakan oli.

"Kalau pakai oli tidak disarankan. Karena akan membuat v-belt jadi lebih mudah selip," ungkap Dwi kepada Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Sementara untuk penggunaan air, ada yang berpendapat bahwa air bisa membuat v-belt cepat getas. Namun Dwi menepis anggapan tersebut.

Menurutnya, v-belt tidak akan mudah getas hanya karena dibersihkan dengan air. Penggunaan air untuk membersihkan v-belt hanya dinilai kurang efektif karena kotoran yang tersangkut belum tentu hilang sempurna hanya dengan air.

Sangat disarankan untuk membersihkan v-belt dengan pembersih khusus. Pembersih ini dilabeli dengan istilah belt dressing atau CVT cleaner.

Dwi pun menuturkan bahwa hampir semua bengkel resmi sudah menggunakan pembersih khusus ini. Belt dressing ini juga dijual bebas di toko pelumas, bengkel, hingga toko-toko online.

Selain menggunakan belt dressing, kotoran yang menyangkut pada v-belt bisa disemprot menggunakan angin kompressor, dengan catatan hembusan anginnya tidak terlalu kuat. Yang terpenting sudah bisa menghilangkan kotoran yang menempel.

Apabila v-belt sudah mulai terlihat retak meski masih tipis, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko v-belt putus saat di jalan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/14/171200415/bersihkan-v-belt-skutik-jangan-pakai-air-atau-oli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke