Salin Artikel

Marak Lagi Pencurian Kaca Spion, Jangan Parkir Sembarangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, membuat beberapa ruas jalan menjadi sepi dan jadi peluang tindak kejahatan di jalan raya.

Bagi Anda yang memarkir kendaraan pun harus berhati-hati, jangan sampai kejadian seperti video dalam unggahan akun instagram @dashcam_owners_indonesia.

Aksi pencurian kaca spion yang dilakukan oleh seorang pria di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, terekam CCTV pada Senin, (12/7/2021).

Dalam aksi tersebut, mobil korban terlihat parkir di luar rumah tanpa pengamanan tambahan.

Menanggapi hal itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, cara paling efektif untuk mencegah pencurian spion adalah dengan memilih lokasi parkir yang aman.

Menurut Sony, dengan parkir di sembarang tempat, seperti pinggir jalan justru akan membuat mobil rawan terhadap kerusakan.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, beberapa mobil keluaran baru kini sudah dilengkapi dengan sensor getar sebagai pelengkap pada alarm.

Fitur ini pun dinilai cukup ampuh dalam membantu sistem pengamanan pada mobil. Sayangnya, kebanyakan pemilik mobil justru memilih untuk tidak mengaktifkan fitur tersebut karena dianggap terlalu sensitif.

“Namanya sensor getar memang sensitif terhadap gerakan, suara keras, dan lainnya, jadi kebanyakan orang memilih untuk mematikan. Padahal sensor tersebut bisa membantu mengamankan saat ada maling yang mencoba mendorong, membuka paksa kunci mobil, mengambil spion, sampai memecahkan jendela,” ucap Suparna.

Menurut Suparna, dengan mengaktifkan sensor terebut minimal akan menghambat kerja maling saat akan mencuri. Bahkan bisa membuat maling memikirkan konsekuensinya saat alarm menyala.

“Mau parkir di dalam garasi atau luar, baiknya memang semua fitur keamanan pada diterapkan. Sehingga saat kita sedang lengah atau mobil tidak dalam pengawasan ada sinyal yang menjadi pemberitahuan pada kita,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/14/072200315/marak-lagi-pencurian-kaca-spion-jangan-parkir-sembarangan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.