Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada Aki Soak karena Mobil Kelamaan Parkir Selama PPKM Darurat

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tengah dijalankan di seluruh wilayah Jawa dan Bali hingga 20 Juli 2021.

Selama masa tersebut, tentu banyak kendaraan pribadi seperti mobil yang terparkir nganggur di garasi rumah. Bagi para pemilik mobil harap waspada mengenai potensi aki yang mulai soak. Terutama jika mobil tersebut tidak pernah dipanaskan hingga hitungan minggu.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, ada istilah teknis cold cranking ampere (CCA) untuk menyebut daya aki dalam menyalakan mesin dalam suhu rendah.

"Biasanya menggunakan battery tester sebagai alat untuk memeriksa berapa besar CCA pada suatu aki. Alat itu juga dapat mendeteksi apakah aki dapat di-charge atau sudah harus diganti," kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (13/7/2021).

Didi menuturkan, jika angka CCA yang dihasilkan masih dalam ambang yang tidak terlalu rendah, maka aki bisa segera di-charge.

Namun apabila angka CCA sudah di bawah batas, maka aki wajib diganti karena kemampuannya dalam menyimpan daya sudah sangat berkurang.

Ia pun mengatakan bahwa proses mengisi daya pada aki mobil bisa dilakukan sendiri di rumah asal sudah memiliki peralatannya.

"Kalau punya alat untuk men-charge aki, bisa dilakukan sendiri. Tentunya dengan melepas terminal plus dan minus yang ada di mobil. Atau bisa dibawa ke bengkel atau toko aki yang melayani charging aki," kata Didi menambahkan.

Didi mengingatkan bahwa proses pengisian daya pada aki ini berbeda dengan aktivitas jumper aki. Jumper hanya bertujuan untuk membantu aki dalam menstarter mesin, bukan mengisi daya aki agar bisa digunakan kembali dengan normal.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/13/131200015/waspada-aki-soak-karena-mobil-kelamaan-parkir-selama-ppkm-darurat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke