Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Laksana Individual, Program Khusus buat Bus Custom

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Laksana belum lama ini merilis bus bertajuk Humanity Food Bus. Bus ini merupakan pesanan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan akan digunakan menjadi dapur umum berjalan.

Humanity Food Bus ini bisa dibilang sangat berbeda kabinnya dibanding bus pada umumnya. Bus ini memiliki kitchen set di kabinnya, selain itu bagian samping juga bisa dibuka dan tersedia tangga lipat.

Tentu saja bus ini pesanan khusus, bahkan Laksana menyebut bus ini termasuk dalam program Laksana Individual. Lalu apa maksud dari program Laksana Individual ini, apa saja yang bisa dibuat?

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, karoseri Laksana saat ini membuat bus dengan konsep individual atau yang disebut pesanan pribadi.

“Jadi konsep busnya tidak seperti bus biasanya. Jadi bisa dibuat menjadi food bus, camper bus, home bus, bus tambang, semua yang memerlukan desain khusus,” ucap Werry kepada Kompas.com, Minggu (11/7/2021).

Selain food bus milik ACT, Laksana juga pernah membuat Tourista Executive Bus dalam program Laksana Individual. Bedanya dengan bus medium biasa, kabin Tourista Executive Bus ini dibuat lebih mewah dengan desain pilar dan plafon yang berbeda serta bagian belakang yang dibuat seperti lounge dengan sofa lipat.

“Kemudian kalau buat bus tambang, bisa disesuaikan dengan kebutuhan di lokasinya. Bisa juga dibuat di atas sasis bus 4x4, interior juga bisa di-custom sesuai kebutuhan,” kata Werry.

Werry juga menjelaskan, dari dulu sebenarnya sudah cukup banyak unit yang digarap untuk keperluan pribadi. Pada program Laksana Individual ini dibuat untuk mulai garap pasar dengan lebih detail.

“Gatot Kaca bus Trans Solo itu juga pernah kami rombak kabinnya jadi meeting bus,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/13/110200215/laksana-individual-program-khusus-buat-bus-custom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke