Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Balap Liar Terjadi di Negara Miskin Sampai Negara Maju

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, balap liar adalah masalah sosial yang selalu berulang.

Balap liar kata Jusri, tak cuma terjadi di Indonesia tapi di hampir di semua negara di dunia dari negara berkembang sampai negara maju.

"Ini tidak hanya terjadi di negara berkembang, tapi dari negara miskin sampai negara maju, dan sampai sekarang balap liar ada. Di Amerika ada di Jerman ada, karena balap liar ini menawarkan sensasi yang luar biasa dibandingkan di sirkuit," kata Jusri kepada Kompas.com, Jumat (9/7/2021).

Menurut Jusri, para pebalap liar akan berhenti dengan pada usia tertentu. Tapi kemudian digantikan generasi lain di bawahnya. Karena itu pebalap liar banyak remaja.

"Para mantan pebalap liar itu yang melakukan balap liar ketika mereka sudah mulai tua di ambang 40 tahun ke atas tidak ada hobi otomotif sama sekali, tidak semua pebalap atau suporternya (yang suka nonton balap liar) suka dengan otomotif pada akhirnya," katanya.

Jusri mengatakan, karakter semacam ini ialah fenomena dari kelompok atau orang-orang yang sedang mencari jati diri.

"Sehingga ketika kelompok ini hilang akan digantikan kelompok lain yang masuk pada level tersebut," katanya.

Untuk menghilangkan balap liar kata Jusri perlu tindakan pencegahan dan penindakan yang tegas. Pencegahan melibatkan banyak lapisan masyarakat.

"Seharusnya kita bisa melakukan tindakan pencegahan jika stakeholder atau masyarakat yang mempunyai kepentingan ini bisa melakukan edukasi yaitu senior, orang tua, bengkel, guru, sekolah, dan tidak memancing satu kondisi munculnya balap liar seperti ini," katanya.

Kemudian tindakan penegakan hukum yang ketat dan tegas.

"Kalau pebalap liar di bawah umur maka orang tuanya dilibatkan, paling tidak ada tanggung jawab moral," kata Jusri.

"Karena tindakan hukum ke orang tua tidak ada di sini (Indonesia) misalkan anak di bawah umur mengalami kecelakaan orang tuanya gak ditangkap, kalau di luar (negeri) ada (bertanggung jawab)," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/11/082100415/balap-liar-terjadi-di-negara-miskin-sampai-negara-maju

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke