Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Rumah Saja, Begini Cara Aman Mencuci Sepeda Motor Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci sepeda motor di akhir pekan merupakan ritual wajib bagi sebagian pemilik kendaraan. Hal ini dilakukan agar tampilan sepeda motor kesayangan tetap sedap dipandang.

Tidak hanya itu, beberapa pemilik kendaraan juga percaya bahwa kotoran yang menempel pada sepeda motor juga bisa mengganggu fungsi beberapa komponen.

Namun buat motor listrik alias Electric Vehicle, ada langkah yang harus diperhatikan lebih saksama. Sebab, motor listrik memerlukan perawatan yang berbeda dibandingkan dengan motor biasa.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Reza Rezdie mengatakan, saat mencuci motor listrik, pemilik kendaraan harus menghindari menyemprot langsung di bagian baterai dan soket isi daya.

“Jok harus tertutup rapat dan tempat kabel charging juga harus tertutup rapat. Selebihnya sih sama seperti motor biasa,” ucap Reza kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Reza mengatakan, konsumen yang ingin mencucinya di tukang cuci steam tidak perlu khawatir, selama tidak ada bagian kelistrikan yang terbuka.

Hal senada juga diucapkan oleh Abdul, teknisi Viar yang mengatakan, memang sebaiknya beberapa bagian tidak disemprotkan air dengan tekanan tinggi.

“Misal, mencuci dengan steam perlu diperhatikan untuk daerah controller. Tidak boleh dengan tekanan tinggi,” kata Abdul.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/10/090200815/di-rumah-saja-begini-cara-aman-mencuci-sepeda-motor-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke