Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips untuk Perempuan yang Masih Jinjit Saat Mengendarai Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum memutuskan untuk membeli sepeda motor ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah masalah tinggi badan.

Biasanya persoalan ini banyak terjadi dikalangan wanita. Meski sudah banyak kendaraan yang diciptakan untuk menyesuaikan kebutuhan kaum hawa, nyatanya masih banyak para wanita yang kesulitan untuk menemukan sepeda motor yang cocok untuk dirinya.

Alhasil, tidak sedikit dari mereka yang mengakalinya dengan menggunakan sepatu hak tinggi (high heels). Padahal, kondisi itu sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, memang hampir rata-rata pengendara wanita tidak bisa menapakkan kaki dengan sempurna ketika motor berhenti.

“Sebenarnya dalam berkendara yang terpenting adalah kita bisa menguasai kendaraannya, serta bisa menjaga keseimbangan dengan baik saat berada di atas motor. Sehingga dalam melakukan manuver apapun menjadi lebih mudah dan tidak ragu,” ucap Agus saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/7/2021),

Menurut Agus, keseimbangan ini bisa dilatih dengan cara berjalan pelan tanpa turun kaki, karena jika sudah bisa seimbang maka ketika mengemudi si pengendara tidak akan ragu-ragu.

“Bahayanya jika kaki kita tidak bisa menapak dengan sempurna saat berkendara adalah ketika kita melewati jalan kecil atau jembatan maka ada kemungkinan motor menjadi kehilangan keseimbangan, untuk itu perlu dilakukan latihan keseimbangan agar berkendara lebih nyaman dan aman,” kata Agus.

Agus menambahkan, untuk mengakali kondisi tersebut posisi pengendara bisa sedikit maju ke depan ketika motor dalam keadaan berhenti, sehingga posisi kaki bisa menapak dengan baik.

“Namun saat berkendara sebaiknya posisi duduk harus nyaman, tidak disarankan terlalu ke depan agar mudah saat melakukan manuver dan memainkan instrumen yang ada di motor,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/09/164100515/tips-untuk-perempuan-yang-masih-jinjit-saat-mengendarai-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke