Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Arti Huruf E pada Indikator Bahan Bakar, Empty atau Emergency?

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada setiap kendaraan, umumnya terdapat indikator bahan bakar pada panel instrumen. Ketika bahan bakar mulai tiris, biasanya indikator E akan berkedip.

Soal arti indikator E, masih cukup banyak pengemudi yang belum mengetahui apa artinya. Banyak yang menganggap singkatan E berasal dari Empty. Namun, tak sedikit juga yang menyebutkan artinya adalah Emergency.

Emergency yang dimaksud adalah pengemudi mobil harus siaga untuk segera menuju stasiun pengisian bahan bakar terdekat. Sebab, bahan bakar sudah mulai tiris.

Bambang Supriadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), huruf E pada indikator bensin artinya lebih kepada Empty atau kosong.

“Tetapi masih ada beberapa sisa liter dalam tangki, bukan benar-benar kosong,” ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bambang menambahkan, pada tiap kendaraan umumnya memiliki reservoir (RES) atau cadangan bahan bakar minyak (BBM) yang ada di dalam tangki kendaraan.

Sehingga, mobil atau motor masih memungkinkan untuk tetap melaju ketika indikator bensin sudah di posisi E.

“Rata-rata mobil memiliki kapasitas tangki 40 sampai 45 liter. Jika pada kondisi sudah di E, mobil masih bisa bergerak kurang lebih 30 kilometer sampai 60 kilometer, karena ada cadangan sekitar 3 liter sampai 6 liter,” kata Bambang.

Namun, sebenarnya cukup sulit untuk mengukur seberapa jauh kendaraan masih bisa melaju. Sebab, konsumsi bahan bakar bisa tergantung dari cara berkendara, kondisi kendaraan, kondisi lalu lintas, dan lainnya. Untuk itu, disarankan untuk segera mencari tempat pengisian bahan bakar terdekat.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, sebaiknya ketika indikator mobil sudah berada di posisi E, pemilik mobil mematikan AC supaya kerja mesin tidak berat.

“Menyalakan AC akan meningkatkan kinerja beban mesin, jadi saat AC dimatikan otomatis beban mesin akan berkurang sehingga bahan bakar pun bisa lebih irit,” ujar Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/09/110200615/ini-arti-huruf-e-pada-indikator-bahan-bakar-empty-atau-emergency-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke