Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini Cara Setel Rantai Motor

SOLO, KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali resmi diterapkan mulai Sabtu (3/7/2021) kemarin hingga tanggal 20 Juli besok. Dengan sebagian besar waktu dihabiskan di rumah, merawat sepeda motor kesayangan bisa jadi pilihan beraktivitas.

Meski tidak akan sering dipakai selama masa PPKM Darurat berlangsung, sepeda motor tetap harus rutin dirawat agar seluruh komponennya tetap awet terjaga dalam kondisi prima.

Salah satu komponen yang perlu dilakukan perawatan secara rutin adalah rantai gir sepeda motor. Komponen ini umumnya jarang diperhatikan oleh pemilik motor, terutama pada aspek tingkat ketegangannya.

Jika rantai motor terlalu longgar, maka akan timbul bunyi gesekan saat sepeda motor digunakan. Tentu hal ini akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Bukan hanya itu saja, rantai yang tingkat ketegangannya tidak sesuai standar akan membahayakan pengendara. Ada risiko rantai putus atau lepas dari gir sehingga sepeda motor tidak bisa melaju.

Joko Purnomo selaku pemilik bengkel Naranata Motor Solo menyarankan agar tingkat ketegangan rantai rutin disetel sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan motor tersebut.

“Biasanya dari pabrikan rekomendasinya antara 2 sentimeter sampai dengan 3 sentimeter,” kata Joko saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia pun memberikan tips mudah cara mengetahui tingkat ketegangan rantai. Caranya adalah rantai ditekan dari bawah ketika pada posisi normal lalu diukur dengan penggaris. Jika rantai tersebut longgar lebih dari 3 sentimeter, disarankan untuk langsung disetel ulang.

Joko menjelaskan, untuk melakukan penyetelan sendiri di rumah, yang pertama dilakukan adalah melonggarkan mur pada as roda belakang. Setelah itu baru putar baut penyetelan rantai yang berada di ujung swingarm untuk menyesuaikan tingkat ketegangannya.

Apabila dirasa sudah sesuai, kencangkan kembali baut penyetelan rantai. Setelah itu dilanjutkan dengan mengencangkan mur as roda belakang.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/04/154136415/bisa-dilakukan-di-rumah-ini-cara-setel-rantai-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke