Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Virus Corona, Semprot Cairan Disinfektan di Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Lonjakan kasus Covid-19 beberapa waktu belakangan ini membuat banyak pihak berusaha untuk mengatasi wabah tersebut.

Salah satunya adalah menyemprotkan cairan disinfektan pada kendaraan.

Namun, sebelum menyemportkan cairan disinfektan pada mobil dan motor, ada baiknya pemilik kendaraan mengetahui karakter virus tersebut agar penanganannya aman, tepat dan tidak sia-sia.

Dokter Rumah Sakit Tambak, Jakarta Pusat, Febrina Sugianto mengatakan, pada dasarnya penyemprotan disinfektan di kendaraan perlu tapi hanya pada bagian yang sering dipegang saja.

“Jadi, cairan disinfektan perlu digunakan untuk permukaan yang sering dipegang, seperti gagang pintu atau setir. Tapi tidak perlu menyemprot ke udara, apalagi di bagian luar mobil,” ucap Febrina belum lama ini kepada Kompas.com.

Febrina melanjutkan, berdasarkan studi di National Institute of Health di Amerika Serikat, kalau virus corona bisa bertahan 2-3 hari di atas plastik dan stainless steel bahkan 28 hari di suhu rendah.

“Virus ini bisa dinonaktifkan dalam satu menit hanya dengan disinfektasi. Gunakan alkohol 60-70 persen atau 0,5 persen hydrogen peroxide, atau bleach dengan 0,1 persen sodium hypoclorite,” katanya.

Terkait upaya tangkal virus corona pada mobil, Owner Vertue Concept Edy mengataakn, untuk membersihkan komponen kabin cukup menggunakan sabun bayi agar tak merusak interior.

“Selain mengandung Ph yang seimbang, sudah terbukti kandungannya bisa menghilangkan bakteri,” katanya.

Caranya, yakni dengan memotong kecil-kecil sabun, kemudian diblender setelah itu bisa dicampur menggunakan air.

“Penggunaannya juga cukup mudah, cukup di lap-lap saja untuk menjaga interior dan untuk yang berbahan kulit juga aman menggunakan bahan ini,” kata Edy.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/29/172100815/cegah-virus-corona-semprot-cairan-disinfektan-di-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke