Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil MotoGP Belanda 2021, Quartararo Juara, Rossi Kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalannya balapan pada seri kesembilan MotoGP 2021 di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (27/6/2021), tak kalah seru dari seri sebelumnya. Fabio Quartararo sukses menjadi yang tercepat pada balapan kali ini.

GP Belanda menjadi milik Monster Yamaha yang berhasil mendominasi dengan menempatkan Fabio Quartararo sebagai juara dan Maverick Vinales di posisi kedua.

Sedangkan pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir berada di posisi ketiga. Nasib buruk justru dialami pebalap gaek Valentino Rossi, yang malah mengalami kecelakaan di lap kedelapan. Rossi tidak bisa melanjutkan jalannya balapan.

Pebalap Pramac Ducati, Johann Zarco ada di posisi empat, menyusul di belakangnya ada pebalap KTM Miguel Oliveira. Juara seri sebelumnya di GP Jerman, Marc Marquez ada di posisi ketujuh.

Jalannya Balapan

Vinales yang start dari pole position hampir bersenggolan dengan rekan setimnya sendiri, Fabio Quartararo. Quartararo pun berhasil pimpin jalannya balapan. Sementara Vinales, merosot hingga urutan kelima.

Namun, yang tak diduga-duga adalah pebalap LCR Honda asal Jepang, Takaaki Nakagami yang berhasil naik ke posisi ketiga. Vinales sendiri berhasil perbaiki posisinya dengan naik satu posisi setelah lewati Alex Rins.

Menariknya, Marc Marquez yang start dari posisi ke-20 berhasil mencuri banyak posisi dan naik ke posisi ke-10. Sementara Valentino Rossi, justru tercecer ke posisi ke-20 setelah start dari urutan ke-12.

Sementara itu, Bagnaia dan Quartararo saling salip menyalip berebut posisi terdepan. Bagnaia berhasil pertahankan posisi terdepan selama beberapa lap.

Saat balapan tersisa 21 lap, Quartararo berhasil menyalip Bagnaia pada tikungan 11. Pebalap Ducati tersebut tak sanggup melawan kembali di trek lurus karena jaraknya tidak cukup dekat. Quartararo langsung membuka gap hingga 0,5 detik dalam satu lap.

Tiga lap berlalu, jarak antara Quartararo dan Bagnaia sudah terpaut 2,1 detik. Sementara di belakangnya, masih ada Nakagami di tempat ketiga, Vinales di posisi keempat, dan Zarco di posisi kelima.

Rossi terjatuh pada lap kedelapan saat sedang bertahan di posisi ke-17. Untuk diketahui, Rossi adalah pebalap yang paling banyak menuai kemenangan di Sirkuit Assen.

Nakagami sempat menyalip Bagnaia kembali. Tapi, lagi-lagi Ducati sangat kuat di trek lurus dan Bagnaia mengamankan kembali posisi kedua.

Sayangnya, Bagnaia terkena long lap penalty dan merosot ke posisi kesembilan. Sementara itu, Vinales mengambil alih posisi Nakagami. Sayangnya, Nakagami terus merosot ke posisi kesembilan.

Bagnaia berhasil memperbaiki posisi dan ada di urutan keenam. Namun, jaraknya dengan pebalap di depannya sudah terpaut cukup jauh hingga 1,5 detik.

Sementara itu, Vinales berhasil memangkas jaraknya dengan Quartararo menjadi 3,5 detik dan terus mendekat. Vinales juga memperbesar jaraknya dengan Mir hingga 2 detik.

Hingga tiga lap terakhir, posisi tiga besar di depan seakan tidak terganggu. Quartararo sangat nyaman memimpin balapan, sedangkan Vinales juga menjaga posisi kedua. Joan Mir mampu mengamankan posisi ketiga sampai menyentuh garis finis.

Hasil Balapan GP Belanda

1 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
2 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
3 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
4 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)
5 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
6 Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)
7 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
8 Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
9 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
10 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
11 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
12 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
13 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)
14 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
15 Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)
16 Lorenzo Savadori ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
17 Garrett Gerloff USA Petronas Yamaha (YZR-M1)
18 Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)
Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)
Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)
Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)
Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/27/194105415/hasil-motogp-belanda-2021-quartararo-juara-rossi-kecelakaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke