Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Sederhana Rawat Sepeda Motor di Rumah Aja

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi masih berlangsung dan belakangan ini kasus Covid-19 juga makin meningkat. Untuk itu, lebih baik jika berada di rumah aja, sesuai anjuran pemerintah.

Jarangnya berpergian atau keluar rumah, tentu akan berpengaruh terhadap kondisi sepeda motor yang jarang digunakan. Maka itu, para pengguna motor perlu tetap merawat kendaraannya agar kondisinya selalu prima. Sehingga, jika sewaktu-waktu digunakan dapat berfungsi secara normal.

Saat berada di rumah, tentunya waktu untuk melakukan perawatan pada sepeda motor jadi lebih fleksibel. Ada banyak perawatan yang mudah dilakukan sendiri di rumah.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA and Community, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, pandemi yang saat ini masih berlangsung membuat sebagian besar pengguna sepeda motor menurunkan tingkat mobilitas berkendaranya. Motor tentu akan lebih sering terparkir dirumah sehingga harus tetap diperhatikan perawatannya.

"Bagi konsumen Yamaha, ada beberapa fitur pada aplikasi My Yamaha Motor dan Y-Connect yang canggih maksimal dan bisa dimanfaatkan untuk tetap menjaga serta merawat kondisi sepeda motor dengan cara yang lebih mudah,” ujar Antonius, dalam keterangan resminya.

Berikut adalah tips dari Yamaha Indonesia mengenai cara merawat kondisi sepeda motor di rumah:

1. Rutin Memanaskan Mesin Motor
Memanaskan motor secara rutin setiap hari selama 5-10 menit membuat oli menjadi tersirkulasi. Sehingga, part-part yang ada di dalam mesin menjadi terlumasi dan mesin motor dapat bekerja secara optimal. Memanaskan motor juga bermanfaat untuk mengisi kembali daya baterai atau aki motor agar tidak mudah drop atau soak.

2. Cek Kondisi Oli dan Aki
Rutin mengecek kondisi oli dan aki dapat meminimalisasi terjadinya malfungsi pada motor, khususnya ketika ingin dikendarai setelah lama tidak dipakai.

Pada beberapa motor-motor Yamaha yang sudah dilengkapi dengan fitur Y-Connect, seperti All New Nmax 155 Connected dan All New Aerox 155 Connected. Pengecekan oli dan aki dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Y-Connect pada smartphone pengendara.

3. Berikan Pelumas
Ketika motor jarang digunakan, biasanya beberapa komponen yang sebelumnya dilumasi menjadi kering. Sehingga, kinerjanya menjadi tidak optimal. Untuk itu, selama motor terparkir di rumah baiknya kita rutin melumasi beberapa komponen dengan oli atau gemuk sesuai kebutuhannya.

Bagian komponen motor yang biasa dilumasi oli adalah kabel gas, kabel kopling, rantai dan per standar samping. Sementara untuk grease atau gemuk biasanya dipakai di area yang tertutup, seperti bearing komstir, laher as roda, as roda atau pada laher swing arm.

4. Cek Tekanan Udara pada Ban
Komponen lain yang perlu dilakukan pengecekan adalah ban. Biasanya, ketika motor jarang digunakan dan lebih sering terparkir di garasi rumah, tekanan ban sering berkurang atau kempes. Sehingga, ketika digunakan tarikan motor terasa berat dan boros bensin.

Pada saat menambahkan tekanan udara, pastikan juga tekanannya sesuai dengan ukuran standar yang dibutuhkan oleh ban. Sebab, jika berlebih dan ban terlalu keras, maka akan mengurangi traksi atau cengkeramannya ke aspal dan mengurangi kenyamanan berkendara.

5. Lakukan Servis Rutin
Melakukan perawatan berkala atau servis rutin sepeda motor sesuai anjuran yang ada pada buku petunjuk servis menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pengguna sepeda motor. Selain menjaga kondisi motor tetap awet, juga membuat performa mesin tetap optimal.

Jika tidak mau repot, di tengah situasi pandemi seperti sekarang, konsumen Yamaha juga dapat memanfaatkan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY). Untuk informasi diler terdekat yang memiliki layanan SKY dapat dilihat pada aplikasi My Yamaha Motor.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/24/104200915/tips-sederhana-rawat-sepeda-motor-di-rumah-aja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke