Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Merawat Motor yang Mesinnya Sudah Dimodifikasi

SOLO, KOMPAS.com - Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemilik motor untuk menaikkan tenaga mesin, salah satunya bore up.

Bore up merupakan upaya memperbesar silinder head motor dan mengganti piston dengan yang lebih besar.

Selain bore up, ada juga yang namanya stroke up. Stroke up merupakan upaya memperpanjang langkah piston dengan memindahkan posisi pin kruk as ke posisi luar.

Keduanya merupakan upaya untuk menaikkan atau memperbesar kapasitas silinder atau cc pada mesin.

Dengan perubahan mesin yang dilakukan sudah tidak sesuai dengan standar pabrikan, tentu saja perawatan yang dilakukan juga berbeda dengan motor standar. Perawatan khusus dilakukan agar motor tidak cepat rusak dan tahan lama.

Feri Firmansyah, mekanik bengkel Bandit Racing Engines di Sukoharjo, Jawa Tengah mengatakan, perawatan untuk motor yang sudah di bore up sebenarnya sama dengan motor biasa, namun perlu ada perhatian khusus.

"Kalau perawatan yang harus dilakukan sama seperti motor lainnya, perlu di servis rutin dan ganti oli juga, yang perlu diperhatikan sebenarnya masalah oli mesin," kata Feri kepada Kompas.com, Rabu (23/6/2021).

Feri menambahkan, untuk motor yang sudah di korek, pemilihan oli juga tidak boleh sembarangan. Pilih oli dengan kualitas lebih bagus dari oli yang disarankan sebelumnya. Hal ini bertujuan agar pelumasan lebih optimal dan membuat mesin tidak cepat panas.

"Olinya itu juga harus oli yang lebih bagus, kan itu dalamnya juga sudah tidak standar lagi, ada perubahan, otomatis butuh pelumasan yang lebih ekstra juga," ucap Feri.

Selain harus menggunakan kualitas oli mesin yang bagus, jadwal penggantian oli mesin juga harus diperhatikan.

Jangan pernah sekali-kali terlewat untuk penggantian oli mesin. Karena jika mesin sampai kekurangan pelumas, maka akan membuat mesin cepat panas, mengakibatkan liner block mesin bisa retak.

"Penggantian oli juga harus lebih sering dari motor biasa, kalau motor biasa bisa sampai 2.000-4.000 kilometer ganti oli, nah kalau motor bore up bisa lebih sering, 1.000 kilometer atau paling tidak sebualn sekali ganti," kata dia.

Selain oli mesin, perhatikan juga bahan bakar yang digunakan. Motor yang sudah mengalami bore up biasanya akan mengalami kenaikan kompresi mesin. Disarankan untuk memakai bahan bakar dengan oktan tinggi agar pembakarannya lebih sempurna.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/24/091200815/begini-cara-merawat-motor-yang-mesinnya-sudah-dimodifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke