Salin Artikel

Kecelakaan Truk Sering Terjadi, Pengawasan Jembatan Timbang Diperketat

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengawasan di jembatan timbang bakal diperketat, menyusul kecelakaan lalu lintas yang disinyalir terjadi lantaran truk ODOL (over dimension over load).

Seperti diketahui, baru-baru ini terjadi insiden yang melibatkan sebuah truk bermuatan gandum bernomor polisi K 8034 OE di jalan raya Ajibarang – Tegal, Jawa Tengah pada Sabtu (19/6/2021).

Berdasarkan investigasi yang dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), diketahui bahwa kecelakaan awalnya terjadi karena rem blong.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, mengatakan, sebelumnya truk bermuatan gandum itu melaju kencang dari arah selatan menuju utara.

"Untuk itu perlunya identifikasi lebih dalam terkait keselamatan angkutan barang ini," ujar Budi, dalam keterangan tertulis yang dilansir Rabu (23/6/2021).

"Namun kalau kami perhatikan masih sering terjadi kecelakaan lalu lintas akibat human error selain itu juga faktor pengemudi yang belum mengenal karakter jalan yang dilaluinya," kata dia.

Menurut Budi, ada beberapa hal yang harus ditingkatkan salah satunya pengawasan di setiap Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau yang disebut Jembatan Timbang.

"Karena beberapa pengemudi sengaja tidak melalui Jembatan Timbang sebab apabila diketahui petugas melanggar batas dimensi dan muatan berlebih maka akan segera ditindak," ucap Budi.

Selain itu, Ditjen Perhubungan Darat bersama dengan beberapa pihak seperti Kepolisian, Kementerian PUPR, dan BPJT sudah sepakat untuk mengentaskan pelanggar kendaraan bermuatan lebih sampai tahun 2023.

"Saya berharap ke depannya agar kita bersama-sama dapat membangun tingkat kesadaran operator termasuk pemilik logistik barang bahwa muatan berlebih dengan kendaraan yang over dimensi sangat berbahaya bagi aspek keselamatan yang dapat merugikan banyak pihak,” kata Budi.

"Saya ingin tidak terjadi kembali kecelakaan yang disebabkan ODOL, peran kita semua sebagai pengguna jalan yaitu mematuhi regulasi yang ditetapkan,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/23/164100115/kecelakaan-truk-sering-terjadi-pengawasan-jembatan-timbang-diperketat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.