Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Bilang Korea, Jepang, dan China Tertarik pada Proving Ground

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai mengajakan pihak swasta untuk membangun Proving Ground uji kendaraan bermotor dengan fasilitas lebih lengkap dan terbesar di ASEAN.

Menurut Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kemenhub, hingga saat ini sudah ada beberapa pihak yang tertarik, termasuk peminat dari mancanegara.

"Peminatnya itu banyak juga yang dari luar, tapi itu juga kolaborasi atau menggandeng pihak lokal. Jadi sejauh ini itu ada dari BUMN, Swasta, Korea Selatan, Jepang, dan China itu mereka berminat," kata Budi saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Lebih lanjut Budi menegaskan pada dasarnya Kemenhub memang membuka keran kerja sama, namun nantinya akan dikualifikasi lagi melalui proses lelang.

Masalah Proving Ground sendiri sudah tahap finalisasi dari arahan Menteri Perhubungan (Menhub) terkait ability to payment agar tidak terlalu besar.

Hal ini diklaim Budi, lantaran kemampuan fiskal Perhubungan Darat yang tidak terlalu besar akibat adanya anggaran lain, seperti untuk layanan buy the service (BTS) serta subsidi angkutan perintis.

"Finalisasi sudah selesai terkait perubahan angkanya, tinggal menunggu persetujuan dari Menteri Keuangan saja. Bila sudah kita langsung mulai pra kualifikasinya," ucap Budi.

Seperti diketahui, Proving Ground akan dibangun di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi, Jawa Barat, dan direncakan siap beroperasi pada 2024 mendatang.

Beberapa fasilitas yang akan ditambakan untuk pengujuan kendaraan bermotor antara lain, Uji Pengereman, Tes Speedometer, Uji Kebisingan, Uji Kemudi, Uji Stabilitas, Kendaraan Bertenaga Listrik, dan Emisi CO2.

Tak hanya itu, pengujian proving ground juga akan dibuat mirip dengan kondisi jalan sebenarnya, mulai dari jalan rusak, jalan berlumpur, jalan tergenang air, high speed test track, cross wind test, dust tunnel, skid pad, uji tabrak, dan sebagainya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/23/090200515/kemenhub-bilang-korea-jepang-dan-china-tertarik-pada-proving-ground-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.