Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Fungsi Paddle Shift pada Mobil Transmisi Matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa mobil bertransmisi otomatis (matik) saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan fitur paddle shift.

Namun, masih banyak pemilik kendaraan yang belum mengetahui fungsi dari fitur tersebut.

Dengan paddle shift memungkinkan pengemudi memiliki kendali untuk mengatur perpindahan gigi sesuai kebutuhan pada mobil bertransmisi otomatis.

Dari segi fungsional, paddle shift memiliki kegunaan sebagai tuas perpindahan gigi pada persneling. Hanya penempatannya saja yang berbeda, yaitu berada di balik kemudi, sehingga membuat pengendara lebih mudah untuk mengakses tanpa kedua tangan melepas kemudi.

Dealer Technical Sepport Dept. Head PT TAM Didi Ahadi mengatakan, penggunaan paddle shift memberikan efek fun to drive bagi pengendara karena mudah untuk dilakukan.

“Paddle shift bentuknya berupa tuas yang ada dibelakang kemudi, sebelah kiri (-) berguna untuk menurunkan gigi, sementara sebelah kanan (+) untuk memindahkan transmisi ke posisi lebih tinggi. Bisa dilakukan hanya menggunakan jari tanpa melepas gagang kemudi sehingga pengendalian tetap terjaga,” ujar Didi Senin (21/6/2021).

Tidak hanya itu saja, ketika membutuhkan akselerasi lebih, pengendara bisa dengan sigap menurunkan transmisi agar putaran mesin lebih responsif.

Paddle shift juga bisa membantu kurangi laju mobil ketika terjadi situasi darurat, salah saunya saat melakukan pengereman mendadak.

“Ketika terjadi situasi yang mengharuskan mobil berhenti secara mendadak bisa dibantu dengan engine brake melalui kontrol di paddle shift, caranya cukup menekan paddle shift kiri, kemudian gigi akan turun secara otomatis,” ujar Didi.

Namun perlu diingat, meskipun fun to drive ketika menggunakan fitur ini, pengemudi harus tetap menjaga batas maksimal kecepatan saat melintas di jalan bebas hambatan.

Selain itu selalu perhatikan jarak aman dengan kendaraan lain, serta tetap mentaati peraturan dan keamaan ketika ingin menyalip kendaraan di depan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/23/081200715/ini-fungsi-paddle-shift-pada-mobil-transmisi-matik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke