Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Knalpot Motor Keluar Air Saat Mesin Dipanaskan, Apakah Wajar?

JAKARTA, KOMPAS.com - Memanaskan mesin sepeda motor pada pagi hari merupakan rutinitas yang dilakukan sebagian besar pemilik kendaraan. Terkadang mendapati ada air di kolong motor yang keluar dari knalpot.

Hal ini membuat sebagian orang berfikir apakah wajar ada air yang keluar dari knalpot sepeda motor pasa saat dipanaskan.

Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya menjelaskan, hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi. Dengan catatan tidak ada riwayat motor terkena banjir sebelumnya.

"Sebenarnya keluar air dari knalpot pada pagi hari saat memanaskan motor itu merupakan hal wajar, soalnya itu muncul dari reaksi kimia," kata Dwi kepada Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Pada saat malam hari, ruang dalam knalpot terisi dengan udara dingin yang akhirnya lembab. Udara dingin ini menimbulkan embun atau uap yang pada saat dipanaskan akan menguap dan membentuk cairan.

Embun atau uapa air didorong keluar melalui lubang kecil pembuangan yang ada di bawah knalpot sepeda motor. Itu merupakan salah satu fungsi lubang kecil yang ada di bawah knalpot sepeda motor.

"Hal tersebut biasanya terjadi ketika kondisi mesin motor masih dingin dan kondisi knalpot masih dingin juga," kata Dwi.

Ketika suhu motor meningkat karena mesin dinyalakan, hasilnya embun berubah menjadi air dan terdorong keluar dari knalpot. Pemilik kendaraan tidak perlu khawatir untuk kejadian seperti ini.

Kondisi ini kemungkinan lebih sering terjadi pada motor injeksi. Knalpot lebih sering keluar air karena proses pembakaran mesin diatur secara presisi mendekati sempurna oleh pabrikan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/22/151200915/knalpot-motor-keluar-air-saat-mesin-dipanaskan-apakah-wajar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke