Salin Artikel

Daihatsu Sebut Krisis Cip Global Tak Pengaruhi Produksi Dalam Negeri

JAKARTA, KOMPAS.com – Dampak pandemi Covid-19 masih membayangi industri otomotif, salah satunya lewat krisis cip atau semikonduktor yang terjadi secara global.

Krisis cip menganggu rantai pasok kendaraan. Gejalanya terlihat dari munculnya jeda waktu yang begitu lama antara pemesanan dan pengiriman sejumlah merek.

Meski begitu, Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan bahwa sampai hari ini pabrik Daihatsu masih berproduksi normal.

“Memang benar di dunia terjadi krisis cip atau semikonduktor. Di dalam krisis ini, prinsipal melakukan alokasi,” ujar Amelia, dalam konferensi virtual (17/6/2021).

“Dan sampai hari ini Daihatsu masih berproduksi dengan normal karena prinsipal kami masih memberikan alokasi cip untuk di Indonesia,” kata dia.

Mengenai pengiriman mobil dari pabrik ke diler yang melambat pada Mei lalu, menurutnya terjadi karena faktor libur Lebaran. Menurutnya, pada dasarnya suplai dari pabrik akan mengikuti permintaan konsumen.

“Ketika permintaan mulai naik pada Mei lalu, saat itu waktu kerja lebih sedikit dan banyak hari libur. Otomatis kapasitas produksi pabrik mengikuti hari kerja waktu itu,” ucap Amelia.

“Bulan ini saya percaya suplai akan meningkat. Kami lakukan holiday overtime, sehingga produksi bisa kita advance, dari yang tadinya (dikerjakan) di bulan Juli, sebagian bisa kami advance di Juni,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/18/154758515/daihatsu-sebut-krisis-cip-global-tak-pengaruhi-produksi-dalam-negeri

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.